PELAKSANAAN PENEMPATAN KERJA PEGAWAI PADA DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK, KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN CIAMIS

irma annisa

Sari


ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi ada ketidaksesuaian antara penempatan pegawai dengan latar pendidikanyang dimiliki, belum optimalnya penempatan pegawai berdasarkan keterampilan kerjayang dimiliki pegawai dan kurang dipertimbangakannya penempatan pegawai berdasarkan pengalaman kerja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan penempatan kerja pegawai pada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Ciamis? 2) Hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan penempatan kerja pegawai pada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Ciamis? 3) Upaya-upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan penempatan kerja pegawai pada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Ciamis?Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 12 orang.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik pengolahan/analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan Verifikasi Data (Conclusion Drawing).Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Penempatan kerja pegawai pada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Ciamis secara umum sudah dapat dilaksanakan dengan baik, namun demikian masih terdapat beberapa indikator yang pelaksanaannya masih belum optimal sesuai dengan faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam penempatan kerja karyawan, 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi berupa kurang memadainya dokumen-dokumen dan bukti fisik kemampuan pegawai, masih adanya tarik menarik kepentingan baik dari dalam maupun luar organisasi, belum diterimanya berbagai dokumen prestasi-prestasi yang pernah diraih pegawai, karakter pegawai yang berbeda-beda dan tidak dimilikinya informasi yang langsung  dalam kehidupan keluarga dan lingkungan sekitarnya dan 3) Upaya-upaya yang dilakukan berupa meminta pegawai agar menyerahkan bukti dokumen-dokumen kemampuan pegawai, melakukan tes kemampuan sebelum pegawai tersebut diterima dan ditempatkan dan seleksi pemilihan pegawai yang akan ditempatkan secara objektif, mengidentifikasi karakter pegawai melalui tes psikologis dan mencari informasi terhadap kehidupan keseharian pegawai.Kata Kunci: PelaksanaanPenempatan Kerja Pegawai

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Hasbullah.2009. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Hasibuan SP Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Nitisemito Alex S, 2010, Manajemen Personalia, Ghalia Indonesia, Jakarta

Notoatmodjo. Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cetakan. Keempat. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta

Priansa Donni Junni. 2018.Perencanaan & Pengembangan SDM, Penerbit Bandung: Alfabeta

Siswanto, 2008. Manajemen Personalia, Jilid I. Jakarta : PT Erlangga

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistiyani, Rosidah, 2009, Manajamen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yuniarsih Tjutju dan Suwatno.2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta. Bandung

Wahyudi, Bambang. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Sulita

Wibowo.2012. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v5i4.1754

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin