OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK UNTUK MEWUJUDKAN KEPUASAN MASYARAKAT DI KELURAHAN FANDOI, DISTRIK BIAK KOTA, KABUPATEN BIAK NUMFOR

Djamil Hasim, Batseba Rumbekwan, Sri Handayani, Andy Sahat Maasi Sigalingging, Rijal Rijal

Sari


Optimalisasi pelayanan publik di Kantor Kelurahan Fandoi, Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor dalam meningkatkan kepuasan masyarakat sampai pada tingkat optimalnya perlu ditingkatkan sehingga mampu memberikan kepuasan kepada masyarakat apabila dilayani dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana optimalisasi pelayanan di Kantor Kelurahan Fandoi, Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data kualitatif dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan di Kantor Kelurahan Fandoi belum optimal dimana Sarana dan prasarana kurang mendukung terutama ketersediaan komputer yang kurang memadai, Kehandalan/Perhatian Pelayanan masih perlu ditingkatkan karena respon pegawai dalam memberikan pelayanan belum optimal sehingga terhambat, Daya Tanggap/Kecepatan pelayanan perlu ditingkatkan terutama pada fasilitas pendukung, Jaminan/Kompetensi Pegawai masih perlu ditingkatkan karena masih ada pegawai yang kurang memahami penggunaan komputer sehingga kurang maksimal dalam memberikan pelayanan; dan Empati/Perilaku Kerja Pegawai sudah cukup baik karena pegawai sudah mengetahui kebutuhan masyarakat di Kelurahan Fandoi. Selain itu, keterbukaan para staf dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat perlu ditingkatkan, terutama transparansi pelayanan tanpa membeda-bedakan antara masyarakat Kelurahan Fandoi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aris, M., Agustang, A., & Idkhan, A. M. (2021). Efektivitas Pelayanan Aparatur Sipil Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal Governance And Politics, 1(2), 127–133.

Ayuditia, P., & Tan, W. (2021). Efektifitas Pelayanan Publik Di Era Pandemi Covid-19. Combines: Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Science, 1(1), 364–369.

Irianto, H., Ananda Kurniawan, B., & Mulyono, A. (2022). Optimalisasi Pelayanan Untuk Mewujudkan Good Governance Di Mal Pelayanan Publik Mini Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Intelektual Administrasi Publik Dan Ilmu Komunikasi, 9(1), 32–40.

Karya Pamungkas, T., & Hefsi Abdullah Jakfar, M. (2022). Efektivitas Kinerja Pemerintah Desa dalam Pelayanan Publik. Jurnal Paradigma Madani, 9(1), 13–24.

Khan, A. (2021). Optimalisasi Pelayanan Publik Bagi Pemimpin di Era Digitalisasi di Provinsi Riau. Jurnal Niara, 14(2), 9–14.

Madjid, L. (2017). Optimalisasi Pelayanan Publik Perspektif David Osborne. Jurnal Ilmiah Administrasi, 8(2), 130–140.

Mardan, M. . (2023). Optimalisasi pelayanan publik dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja pada Kantor Pelayanan Publik Pemerintah Kota Ambon. Hipotesa, 17(1), 1–11.

Marfu’ah, S., Ana, K., & Ida, S. (2024). Digitalisasi Pelayanan Publik : Ketidaksiapan Masyarakat Dalam Penggunaan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital Di Bojonegoro. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 15(2), 271–283.

Muliawan, A., Subarkah, & Sulistyowati. (2020). Optimalisasi Pelayanan Publik (Kajian Layanan Administrasi Kependudukan Di Tingkat Kecamatan Kota Kudus). Jurnal Suara Keadilan, 21(1), 1–16.

Novia Tumilantouw, Mandagi, M., & Bogar, W. (2019). Optimalisasi Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Suluun Tareran Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Mirai Management, 4(2), 122–136.

Nurmandi, A., Muhammad Lutfi, Sumardi, S., & Zuly Qodir. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Melalui Pendekatan Model Demokrasi pada Era Otonomi Daerah. Journal of Government Insight, 1(1), 49–61.

Prabawati, T., Duadji, N., & Prihantika, I. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi E-Court Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Di Pengadilan Negeri Tanjung Karang Kelas 1a). Administrativa: Jurnal Birokrasi, Kebijakan Dan Pelayanan Publik, 3(1), 37–52.

Rifai, A. (2021). Efektivitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Babakan Kalanganyar Kecamatan Pandeglang,. Kappemi : Kajian Administrasi, Politik Dan Pemerintahan Indonesia, 1(1), 19.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v12i1.18068

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin