DARI KARTINI KE POSTMODERNISME: EVOLUSI PEMIKIRAN FEMINISME

Dini Yuliani

Sari


Artikel ini mengeksplorasi evolusi pemikiran feminisme dari Raden Ajeng Kartini hingga feminisme postmodern, menyoroti bagaimana kedua pendekatan ini berkontribusi pada perjuangan hak-hak perempuan. Kartini, sebagai pelopor emansipasi perempuan di Indonesia, menekankan pentingnya pendidikan dan pemberdayaan ekonomi sebagai jalan menuju kebebasan dan kesetaraan gender. Sementara itu, feminisme postmodern, yang diwakili oleh tokoh-tokoh seperti Judith Butler, memperkenalkan konsep dekonstruksi dan pluralitas identitas, menantang metanarasi dan memperluas pemahaman tentang kompleksitas pengalaman perempuan. Artikel ini membandingkan dan mengintegrasikan prinsip-prinsip pemikiran Kartini dengan inovasi dari feminisme postmodern, serta mengkaji implikasinya bagi gerakan feminisme masa kini. Hasil analisis menunjukkan bahwa menggabungkan pendekatan praktis Kartini dengan wawasan teoretis postmodernisme dapat menciptakan gerakan feminisme yang lebih inklusif, relevan, dan efektif dalam menghadapi tantangan kontemporer.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afida, S. H., Masykur, F., & Sholichah, I. U. (2023). Kedudukan Perempuan Dalam Menuntut Ilmu Perspektif Raden Ajeng Kartini Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam (Kajian Feminisme). Tarbawi, 6(1), 59-77.

Azizah, L. (2020). Konsep Pendidikan Kaum Feminis RA. Kartini dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Banet-Weiser, S., Gill, R., & Rottenberg, C. (2019). "Postfeminism, Popular Feminism and Neoliberal Feminism? Sarah Banet-Weiser, Rosalind Gill and Catherine Rottenberg in Conversation". Feminist Theory, 21(1), 3-24.

Butler, J. (2011). "Bodies That Matter: On the Discursive Limits of Sex". Gender and Society, 25(2), 139-160.

Crenshaw, K. (1991). "Mapping the Margins: Intersectionality, Identity Politics, and Violence against Women of Color". Stanford Law Review, 43(6), 1241-1299.

Fraser, N. (2013). "Fortunes of Feminism: From State-Managed Capitalism to Neoliberal Crisis". New Left Review, 80, 97-117.

Gill, R. (2017). "The Affective, Cultural and Psychic Life of Postfeminism: A Postfeminist Sensibility 10 Years On". European Journal of Cultural Studies, 20(6), 606-626.

Hooks, b. (2015). Feminist Theory: From Margin to Center. Routledge.

Isnawati, R., & Isnaini, E. (2022). Feminisme Islam dalam Perspektif Raden Ajeng Kartini. Indonesian Journal of Islamic Theology and Philosophy, 4(1), 41-62.

Mohanty, C. T. (2003). "Under Western Eyes Revisited: Feminist Solidarity through Anticapitalist Struggles". Signs: Journal of Women in Culture and Society, 28(2), 499-535.

Mohanty, C. T. (2003). Feminism Without Borders: Decolonizing Theory, Practicing Solidarity. Duke University Press.

Munro, E. (2013). "Feminism: A Fourth Wave?". Political Insight, 4(2), 22-25.

Nash, J. C. (2008). "Re-thinking Intersectionality". Feminist Review, 89(1), 1-15.

Puar, J. K. (2007). "Terrorist Assemblages: Homonationalism in Queer Times". Social Text, 25(2), 121-136.

Rottenberg, C. (2018). "The Rise of Neoliberal Feminism". Cultural Studies, 32(2), 264-282.

Sucipto, A. D. (2020). Wacana Feminisme dalam Catatan Najwa Spesial Hari Kartini. Kalijaga Journal of Communication, 2(2), 153-166.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v12i1.18570

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin