EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN BERBASIS ONLINE DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN CIAMIS

Vina Savinatunazah

Sari


ABSTRAK Penelitian ini berjudul Efektivitas Pelayanan Perizinan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis dilatar belakangi oleh permasalahan kurang optimalnya pelaksanaan pelayanan perizinan berbasis online. Terlihat dimana dalam pelaksanaan pelayanan berbasis online belum dirasa mudah baik itu dari segi SDM yaitu petugas pemberi pelayanannya maupun masyarakatnya, sarana dan prasarana yang belum memadai secara maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan jumlah informan sebanyak 10 orang terdiri dari 1 orang Kepala Bidang Pelayanan Perizinan, 1 orang petugas pemberi pelayanan perizinan, 8 orang masyarakat. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction, data display, dan verification yang diinterpretasikan secara kualitatif yang bersumber dari hasil observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pelayanan perizinan berbasis online secara umum belum berjalan secara maksimal mengingat bahwa untuk program pelayanan perizinan berbasis online adalah program inovasi yang baru saja di terapkan di DPMPTSP, dapat terlihat dari 13 indikator yang diteliti. Kendala-kendala yang ditemukan yaitu Terbatasnya Sumber Daya Manusia baik dari peran petugas maupun masyarakat pemohon perizinan, kurangnya sarana dan prasarana yang belum memadai. Upaya yang dilakukan dalam menghadapi kendala yaitu dengan cara sosialisasi kepada masyarakat dan pelatihan kepada petugas di bidang pelayanan perizinan online, Melengkapi fasilitas atau sarana dan prasarana pelayanan yang masih kurang melalui penganggaran pengadaan barang, Memaksimalkan pemberian pelayanan baik dari segi proses maupun output pelayanannya serta pihak Dinas harus bisa menampung keluhan setiap pemohon dan memperbaiki kinerja pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis. Kata kunci : Efektivitas Pelayanan publik, berbasis online

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Buku-Buku:

Mahmudi, (2015). Manajemen Kinerja Sektor

Publik, Edisi ketiga, UPP STIM YKPN,

Yogyakarta.

Mukarom Zaenal dan Muhibudin Wijaya

Laksana. (2015). Manajemen Pelayanan

Publik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sutedi, Andrian. (2015). Hukum Perizinan.

Jakarta: CV Sinar Grafika.

Indrajit, Eko Richardus. (2006). Electronic

Government, Strategi Pembanngunan, dan

Pengembangan Sistem Pelayanan Publik

Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta:

CV Andi Offset.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitaif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Fatilima, Hamid. (2011). Metode Penelitian

Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung. CV

Alfabeta

J. Meleong, Lexy. (2011). Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Ratminto dan Atik Septi Winarsih.2015.

Manajemen Pelayanan.Yogyakarta :

Pustaka Pelajar.

Sugiyono, (2014) Metode penelitian kuantitatif

kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Data sumber lain :

Profil Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan

Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v6i2.2276

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin