KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRATIF DI KANTOR KECAMATAN CIPAKU KABUPATEN CIAMIS

Ilman Silmi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana kualitas pelayanan administratif di Kantor Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis (2) Mengetahui hambatan-hambatan yang ditemuimengenai kualitas pelayanan administratif di Kantor Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis (3) Mengetahui bagaimana upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan mengenai kualitas pelayanan administratif di Kantor Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis.Desain atau jenis penelitian yang dipergunakan yakni metode analisis deskriptif. Penelitian ini hanya terdiri dari satu variabel, maka untuk keperluan pembahasan digunakan metode penelitian kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi : Observasi dan Wawancara. Adapun informan penelitian ini terdiri dari 6 (Enam) orang yang terdiri dari Camat Kecamatan Cipaku, Kasubag Umum dan Kepegawaian, Staf Pelayanan dan Masyarakat. (1) Pelayanan administratif di Kantor Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis sebagian telah dilaksanakan dengan memenuhi standar kualitas, dan sebagiannya lagi belum memenuhi harapan masyarakat. Dari 12 indikator terdapat 6 indikator yang sudah memenuhi standar kualitas, sementara 6 indikator belum memenuhi standar kualitas, seperti : Keterbukaan pegawai untuk dapat memberikan informasi mengenai persyaratan pelayanan kepada masyarakat, kejelasan dari pegawai mengenai alur proses pelayanan tangung jawab petugas pemberi pelayanan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, kepastian dan kejelasan waktu penyelesaian pelayanan, kemampuan dan pengetahuan dari petugas untuk dapat memberikan pelayanan, adanya kepastian dan keberadaan petugas yang memberikan pelayanan. (2) hambatan-hambatan yang ditemukan dalam kualitas pelayanan administratif di Kantor Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis diantaranya meliputi sikap pegawai yang kurang berperan aktif dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai alur proses pelayanan, minimnya koordinasi, minimnya dukungan sarana dan prasarana untuk menunjang pelayanan, pemberian petunjuk teknis mengenai pelayanan belum dilakukan secara rutin dan berkala, minimnya keterampilan dan keahlian pegawai dalam mengoperasikan alat bantu dalam proses pelayanan, selain itu petugas pelayanan kurang memperhatikan kebutuhan dari penerima pelayanan. Adapun (3) upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan yang ditemukan mengenai kualitas pelayanan administratif di Kantor Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis antara lain: Petugas berperan aktif dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai alur proses pelayanan, melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait guna pelayanan yang lebih baik, meningkatkan dukungan sarana dan prasarana untuk dapat menunjang pelayanan yang optimal kepada masyarakat, adanya petunjuk teknis secara jelas mengenai alur proses pelayanan, meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam hal ini kemampuan petugas baik kualitasnya maupun kuantitasnya untuk dapat melakukan sosialisai mengenai informasi persyaratan pelayanan secara lebih baik, selain itu mengedepankan kebutuhan dari penerima pelayanan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Juliansyah Noor. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kasmir. (2006). Etika Customer Service. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Lijan Poltak Sinambela, dkk. (2017). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi

Aksara.

Moenir. (2014). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi

Aksara

Nina Rahmayanty (2013). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha

Ilmu.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:

Alfabeta.

Sedarmayanti. (2013). Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan. Bandung : Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v6i3.2804

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin