IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI DESA CILIANG KECAMATAN PARIGI KABUPATEN PANGANDARAN

Imas Siti Masitoh

Sari


Penelitian tentang implementasi kebijakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Desa Ciliang Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran ini dilatar belakangi oleh belum efektifnya tingkat komunikasi yang terjalin antara Pemerintah Desa dengan Masyarakat Desa Ciliang Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, kurangnya ketersediaan sumber daya finansial dalam mengimplementasikan kebijakan sehingga lembaga desa tersebut yaitu BUMDes Mutiara di Desa Ciliang Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran kurang berjalan optimal, dan kurangnya kecakapan dari pelaksana kebijakan publik yaitu pengurus BUMDes Mutiara berkaitan dengan hal pembukuan dan akuntansi seperti pembuatan laporan keuangan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan dari hasil wawancara dengan informan penelitian dan data sekunder yang berupa laporan dan dokumen-dokumen resmi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 6 orang yang merupakan Pemerintah Ciliang Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, pengurus dan anggota Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mutiara. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa implementasi kebijakan mengacu kepada teori yang dikemukakan oleh  George Edward III (Agustino, 2017:136-141) bahwa belum berjalan secara optimal, hal ini terlihat dari kegiatan sosialisasi dan penyampaian informasi mengenai BUMDes kurang berjalan optimal. Selain itu, pengurus BUMDes Mutiara sebagai implementor terkadang merasa kebingungan dalam menjalankan perintah tersebut karena perintah yang diberikan terkadang berubah-ubah. Di lain pihak, keahlian dan kemampuan dari pelaksana kebijakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Ciliang Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran masih rendah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustino, Leo. 2017. Dasar- dasar Kebijakan Publik. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Juliarso, A. (2018). Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Oleh Camat Di Kantor Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(3), 48-55.

Gaffar, Affan. 2009. Politik Indonesia: Transisi Menuju Demokrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Islamy, Irfan. 2009. Prinsip-prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Keban, Yeremias T. 2014. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik. Kosep, Teori dan Isu. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Gava Media.

Nugroho, Riant. 2014. Public Policy. Teori, Manajemen, Dinamika, Analisis, Konvergensi, dan Kimia Kebijakan. Edisi 5. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Suharno. 2010. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Yogyakarta: UNY Press.

Usman, Sunyoto. 2004. Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat,. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Wahab, Abdul Solihin. 2008. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang : UMM Press.

Winarno, Budi. 2012. Kebijakan Publik :Teori dan Proses. Yogyakarta :Med Press (Anggota IKAPI).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v6i3.2805

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin