PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT OLEH PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA CIOMAS KECAMATAN PANJALU KABUPATEN CIAMIS

Kahfi Septian

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kesejahteraan masyarakat, bertambahnya masyarakat miskin, rendahnya penghasilan masyarakat, serta rendahnya kualitas hidup masyarakat.Hal tersebut diduga disebabkan implementasi Program Keluarga Harapan yang belum dilaksanakan dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Bagaimana impelemtasi Program Keluarga Harapan di Desa Ciomas Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis?2). Bagaimanakah kesejahteraan masyarakat di Desa Ciomas Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis? 3). Seberapa besar pengaruh impelemtasi Porgram Keluuarga Harapan terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Ciomas Kecamatan Panjalau Kabupaten Ciamis? Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif.Teknik pengumpulan sampel yang digunakan oleh penulis adalah sampling jenuh/sensus, dengan demikian sampel dalam penelitian ini berjumlah 82 orang dimana pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket dan wawancara kepada Kepala Desa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi: observasi, wawancara, dan angket (kuesioner). Berdasarkan hasil analisis angket dan data diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruhyang cukup berarti dari impelemtasi Program Keluarga Harapan terhadap kesejahtreraan masyarakat. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Wahab, Solichin. 2016. Analisis Kebijakan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Agustino, Leo. 2016. Dasar-dasar kebijakan publik. Bandung: Alfabeta.

Creswell.Jhon W. 2017.Reseacrh Design. Pendekatan Metode Kualitatif, Kauantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fahrudin, Adi. 2018. Pengantar Kesejehateraan Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama

Indrawan, Rully dan Yuniawati, R. Poppy. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajamen, Pembangunan dan Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kusumanegara, Solahudin. 2010. Model dan Aktor dalam Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Rahmat H. 2009. Statistika Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Suharto, Edi. 2012. Analisis Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Suharto, Edi. 2016. Analisis Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v6i3.2807

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin