IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TENTANG PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA SITUS ASTANA GEDE KAWALI OLEH DINAS PARIWISATA KABUPATEN CIAMIS

Dewi Silvia

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya implementasi kebijakan tentang pengembangan Destinasi Wisata Situs Astana Gede Kawali oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis. Hal ini dikarenakan masih kurangnya sarana dan parasarana penunjang pengembangan wisata, kurangnya persamaan persepsi diantara implementor serta masih kurangnya hubungan koordinasi dengan instansi-instansi terkait. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: 1)  Bagaimanaimplementasi kebijakan tentang pengembangan Destinasi Wisata Situs Astana Gede Kawali oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis ? 2) Bagaimana hambatan-hambatan yang dihadapi dalam implementasi kebijakan tentang pengembangan Destinasi Wisata situs Astana Gede Kawali yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis ? 3) Bagaimana upaya-upaya yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis guna mengatasi hambatan-hambatan dalam implementasi kebijakan tentang pengembangan Destinasi Wisata Situs Astana Gede Kawali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Informan penelitian ini sebanyak 6 orang informan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : implementasi kebijakan tentang pengembangan Destinasi Wisata Situs Astana Gede Kawali oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis belum dapat dilaksanakan dengan optimal. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pendapat informan yang menyatakan lebih dari setengah indikator kerja yang diajukan oleh peneliti belum berjalan dengan baik. Adanya hambatan-hambatan yang dirasakan seperti kesibukan masing-masing instansi dengan program kebijakannya, keterbatasan pemahaman masyarakat dalam  sosialisasi, SDM belum cekatan, keterbatasan jumlah serta kompetensi pegawai, kurang kuatnya will pimpinan, keterbatasan anggaran, terdapatnya egosentris diantara para pelaksana kebijakan, belum adanya regulasi insentif untuk non PNS, sulit mengaplikasikan tugas sesuai SOP ke masyarakat, adanya perbedaan kepentingan, belum ada tata kelola SDM yang sesuai dengan bidangnya. Adapun upaya-upaya yang telah dilakukan seperti sharing dengan instansi-instansi terkait, melakukan sosialisasi, memperkuat komunikasi, mengadakan rekruitmen dan pembinaan pegawai, melakukan koordinasai, kerjasama dalam program instansi lain, membuat skala prioritas, menginput kebutuhan pegawai, memberikan informasi yang jelas ke masyarakat, menjalankan tugas sesuai dengan Undang-undang, mengajukan tata kelola SDM ke BKD (Badan Kepegawaian Daerah). 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustino, Leo. 2017. Dasar-Dasar Kebijakan Publik (edisi revisi). Bandung : Alfabeta.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Analisis Data. Jakarta:

PT Gravindo Persada.

Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik.

Jakarta: Bumi Aksara.

Ginting, Rosalina dan Noor, Manawar. 2015. Kebijakan Publik. Semarang : Universitas PGRI Semarang Press.

Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sedarmayanti et.al. 2018. Pembangunan dan Pengembangan Pariwisata.Bandung : PT Refika Aditama.

Sore, B. Udin dan Sobirin. 2017. Kebijakan Publik. Makasar : Cv Sah Media.

Supriadi, Bambang dan Roedjinandari, Nanny. 2017. Perencanaan dan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Malang : Universitas Negeri Malang.

Tahir, Arifin. 2014. Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Derah Cetakan Kesatu. Bandung : Alfabeta.

Winarno, Budi. 2016. Kebijakan Publik Era Globalisasi : Teori, Proses, dan Studi, Kasus Komparatif. Jakarta : CAPS.

Mulyadi, Deddy. 2015. Studi Kebijakan Publik dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik cetakan kesatu. Bandung : Alfabeta CV.

Supriadi, Bambang dan Roedjinandari, Nanny. 2017. Perencanaan dan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Malang : Universitas Negeri Malang.

Wardani, A. K. (2019). Mendefinisikan Kembali Situ Mustika (Sebuah Analisis Revitalisasi Objek Wisata). Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(4), 47-55.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v6i3.2809

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin