PENGELOLAAN ARSIP BERBASIS DIGITAL OLEH PEGAWAI DI KANTOR PENGADILAN AGAMA CIAMIS

Linda Kalinda

Sari


Penelitian yang dilakukan di Kantor Pengadilan Agama Ciamis ini berawal dari adanya permasalahan di lapangan seperti kurangnya pengetahuan pegawai bagian arsip dalam cara pengarsipan surat pada komputer. Kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengelola arsip di ruangan kesekertariatan, sehingga mengakibatkan adanya keterlambatan dalam penanganan arsip, surat masuk dan surat keluar.  Sehingga kinerja pegawai dalam menyelesaikan tugasnya masih belum berjalan dengan optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif  dengan jumlah informan sebanyak 4 orang yang terdiri dari 3 orang bagiankesekertariatan, 1 orang bagian resepsionis. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan            studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari observasi dan            wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display        data, dan verifikasi data yang diinterpretasikan secara kualitatif yang bersumber     dari hasil observasi di lapangan serta hasil wawancara kepada 4 informan.        Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Pelaksanaan pengelolaan arsip berbasis digital oleh pegawai di Kantor Pengadilan Agama Ciamis belum berjalan secara optimal, hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwa masih ditemukannya permasalahan seperti kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengelola arsip di ruangan kesekertariatan, sehingga mengakibatkan adanya keterlambatan dalam penanganan arsip, surat masuk dan surat keluar. Hambatan-hambatan yang ditemukan dalam pengelolaan arsip berbasis digital meliputi sumber daya manusia masih minim, kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang serta fasilitas-fasilitas pendukung untuk mengelola arsip, kurangnya kesadaran dan pemahaman pegawai dalam melaksanakan kegiatan kearsipan baik dalam hal penciptaan, pemeliharaan maupun penyusutan arsip. Upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan pengelolaan arsip berbasis digital meliputi pegawai yang bertugas sebagai arsiparis diikutsertakan dalam program magang tata kelola kearsipan yang baik dan benar, mengajukan permohonan pembuatan gedung arsip khusus dan fasilitas pengelolaan kearsipan, Mengajukan tambahan fasilitas pendukung dalam mengelola arsip.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bartos, Basir. 2014. Manajemen Kearsipan Untuk Lembaga Negara, Swasta, dan

Perguruan Tinggi. Jakarta: Bumi Aksara.

Choiriyah, Neneng.2007. Manajemen Kearsipan. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Dewi Anggrawati.2004. Sistem Kearsipan. Bandung: Armico.

Nursetiawan, I., & Garis, R. R. (2018). Analisis Sistem Informasi Manajemen Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Dari SEKTOR PARIWISATA. MODERAT: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(3), 151-162.

Priansa dan Garnida. 2015. Manajemen Perkantoran. Bandung, ALFABETA, CV.

Ridwan. 2014. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: ALFABETA.

Sedarmayanti.2009. Dasar-dasar Pengetahuan Tentang Manajemen Perkantoran. Bandung: Mandar Maju.

Sedarmayanti.2015. Tata Kearsipan Dengan Memanfaatkan Teknologi Modern. Bandung: Mandar Maju.

Sugiarto dan Wahyono. 2015. Manajemen Kearsipan Modern. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, ABandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v6i3.2811

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin