ANALISIS PEMBERDAYAAN APARATUR PEMERINTAHAN DAERAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN CIAMIS

Endah Vestikowati

Sari


Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya beberapa permasalahan yang dihadapi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang antara lain: 1) Pelaksanaan pelayanan, tidak melakukan pelaporan updating kartu keluarga baru, tidak terdaftar dalam data base sebagai satu keluarga karena nikah sisi. 2) Program Penerapan e-KTP dalam perekaman e-KTP untuk cakupan percepatan kepemilikan KTP tidak sesuai dengan target yang ditentukan. 3) Program Pelayanan Akta Kelahiran tidak sesuai target. permasalahan tersebut diduga disebabkan oleh belum optimalnya pemberdayaan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kepada pegawainya. Dalam penelitian ini akan digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamissebanyak 60 orang. Pendekatan yang peneliti gunakan yaitu pendekatan naturalistik kualitatif. Peneliti menggunakan prosedur penelitian, yaitu: (1)tahap orientasi, (2) tahap eksplorasi dan (3) tahap member cek. Peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu: 1) Analisis data kasus individu (individual case) dan 20 Analisis data lintas kasus (cross-case analysis). Pemberdayaan aparatur pemerintahan daerah dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis sudah dilaksanakan sesuai dengan dimensi dan indikator-indikatornya. Kinerja pegawai masih belum optimal baik dari segi kualitasn maupun dari segi kuantitas pelayanan. Hambatan yang dihadapi adalah yaitu rendahnya kualitas kerja pegawai yang disebabkan oleh masih rendahnya kompetensi dan keterampilan pegawai, masih belum memadainya sarana dan prasarana sera fasilitas penunjang dan belum optimalnya  pimpinan dalam melakukan pendelegasian wewenang pada bawahannya. Upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kualitas kerja pegawai meningkatkan keterampilan dalam melakukan inovasi, keterampilan dalam mengatasi hambatan dalam pekerjaan, keterampilan dalam mengoperasikan peralatan kerja, keterampilan dalam memberikan pelayanan dan keterampilan dalam melaksakan tugas pekerjaan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atep Adya Brata. 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Hardijanto. 2002. Peningkatan Kapasitas SDM Aparatur. Pusat Kajian Pemerintahan STPDN.

keputusan Bupati Ciamis Nomo 45 Tahun 2008 tentang Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Unsur Organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Mangkunegara. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Thoha, Miftah. 2000. Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Mudiartha Utama, Mujiati, Ardana. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bali: UPT Penerbit Universitas Udayana.

Nasution dan Subino. 2008. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT. Gramedia.

Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 13 Tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Rakhmat, J. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rasyid, M Ryaas. 1997. Awal Birokrasi Pemerintahan Politik Orde Baru. Jakarta: MIPI, Yarsip.

Sedarmayanti. 2000. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Siagian, Sondang. 2005. Manajemen Stratejik, Edfisi keenam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Supriatna, Tjahya. 2000. Administrasi Birokrasi dan Pelayanan Publik. Jakarta: Nimas Multima.

Suprihanto. 2000. Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan. Edisi cetakaan ke 4. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy., & Anatasisa Diana. 2006. Total Quality Management edisi revisi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-pokok Kepegawaian.

Wasistiono, Sadu. 2003. Manajemen Sumber Daya Aparatur Pemerintah Daerah. Bandung: Fokusmedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v3i1.2986

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin