IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERIKSAAN SARANA PROTEKSI KEBAKARAN DALAM UPAYA PENCEGAHAN KEBAKARAN DI KABUPATEN PURWAKARTA

Ridwan Ridwan

Sari


Implementasi kebijakan pemeriksaan sarana proteksi kebakaran dalam upaya pencegahan kebakaran di kabupaten Purwakarta adalah salah satu peraturan yang dibuat oleh Pemerintah Daerah sebagai upaya pencegahan kebakaran di Kabupaten Purwakarta, karena kebakaran mengakibakan kerugian harta maupun korban jiwa. Peran Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan Kebakaran di Kabupaten Purwakarta sangat penting untuk menyelesaikan masalah ini. Pemerintah menuntut, Kabupaten Purwakarta mampu menyelesaikan masalah terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang terjadi sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Purwakarta Nomor 16 Tahun 2012tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran, dan Peraturan Bupati Purwakarta Nomor 126 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah  Nomor 16 Tahun 2012 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan informan pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta dan masyarakat dan/atau pemilik bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses implementasi kebijakan dan faktor-faktor yang menghambat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Van Meter dan Van Horn, yang mengatakan bahwa faktor-faktor yang membatasi implementasi adalah ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, sikap/kecenderungan (disposisi) para pelaksana, komunikasi antar organisasi dan aktivitas pelaksana, serta lingkungan ekonomi, sosial, dan politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan kebijakan pemeriksaan sarana proteksi kebakaran dalam upaya pencegahan kebakaran di Kabupaten Purwakarta masih terhambat oleh lemahnya pengawasan, kurangnya sumber daya manusia, sarana dan prasarana pendukung, kurangnya kesadaran, kurangnya sosialisasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa implementasi kebijakan pemeriksaan sarana proteksi kebakaran dalam upaya pencegahan kebakaran di Kabupaten Purwakarta belum berjalan dengan baik dan optimal. Kata kunci : Implementasi kebijakan, pemeriksaan sarana proteksi kebakaran, pencegahan kebakaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustino Leo, 2017, Dasar-Dasar Kebijakan Publik, Bandung, Alfabeta.

Hutabarat Eddy, 2005, Seri Life Skill Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran, Jakarta, PT. Balai Pustaka (Persero) bekerja sama dengan PT. Musi Perkasa Utama.

Kaswan, 2016, Pelatihan dan Pengembangan untuk Meningkatkan Kinerja SDM, Bandung, Alfabeta.

Kartiwa A dan Nugraha, 2012, Mengelola Kewenangan Pemerintahan, Bandung, Lepsindo.

Kuncoro Mudrajad, 2014, Perencanaan Pembangunan Daerah Teori dan Aplikasi, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Mukarom Zaenal dan Laksana Wijaya Muhibudin, 2016, Membangun Kinerja Pelayanan Publik Menuju Clean Goverment and Governance, Bandung, Pustaka Setia.

Mulyadi Deddy, 2018, Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik (Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis Bukti untuk Pelayanan Publik), Bandung, Alfabeta.

Pasolong Harbani, 2016, Metode Penelitian Administrasi Publik, Bandung, Alfabeta.

Pasalong Harbani, 2017, Teori Administrasi Publik, Bandung, Alfabeta.

Pardede M Pomtas, 2011, Manajemen Strategik & Kebijakan Perusahaan Pedoman Utama Pembuatan Rencana Strategik (RENSTRA) atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), Jakarta, Mitra Wacana Media.

Purwanto Agus Erwan dan Sulistyastuti Ratih Dyah, 2012, Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasinya Di Indonesia, yogyakarta, Gava Media.

Ramli Soehatman, 2010, Petunjuk Praktis Manajemen Kebakaran (Fire Management), Jakarta, Dian Rakyat.

Sinambela Poltak Lijan dkk, 2006, Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi, Jakarta, Bumi Aksara.

Solihin Ismail, 2012, Manajemen Strategik, Jakarta, Penerbit Erlangga.

Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kualitatif untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif, Bandung, Alfabeta.

Syafiie Kencana Inu, 2017, Pengantar Ilmu Pemerintahan, Bandung, Refika Aditama.

Peraturan Daerah Kabupaten Purwakarta Nomor 16 Tahun 2012 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran.

Peraturan Bupati Purwakarta Nomor 126 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2012 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v6i4.3099

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin