IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENETAPAN KAWASAN PERMUKIMAN DI KABUPATEN SUBANG

Akhmad Dawaludin

Sari


Perkembangan kewilayahan, terutama di kota-kota di pulau Jawa saat ini dihadapkan pada dinamika antara lain Pertumbuhan Penduduk, yang menuntut adanya fasilitas infrastruktur dan fasilitas sosial lainnya dan dengan berkembangnya proses indrustrialisasi, pertumbuhan di Kabupaten Subang terus mengalami peningkatan, Penetapan kawasan ini menemui masalah yang terkait dengan pemanfaatan aktivitas industri dan perlu standar yang ditetapkan, standar dan sasaran kebijana, sumber daya yang kuat serta komunikasi antar stakholder sebagaimana dijelaskan oleh Van Meter dan Van Horn. Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan para informan yang terdiri atas pejabat yang mengurusi bidang permukiman, penataan ruang dan perencanaan serta penerima manfaat kawasan permukiman. Selain itu, data penelitian juga diperoleh melalui observasi yang selanjutnya dilengkapi dengan berbagai data sekunder yang relevan. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa koordinasi antar organisasi dalam menetapkan kawasan permukiman belum sepenuhnya sesuai dengan harapan sebagaimana dijelaskan oleh Van Meter dan Van Horn. Pada 6 faktor yang mempengaruhi koordinasi antar organisasi, ternyata hanya organisasi-organisasi yang memiliki tugas pokok dan fungsi yang berkaitan langsung dengan sektor infrastruktur dan sektor perencanan saja yang menjalankan koordinasi secara intensif.  Kata Kunci : standar dan sasaran kebijakan, sumber daya, komunikasi, koordinasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kaswan, Iwan. “Permasalah Konvensi Lahan Pertanian dan Implikasinya terhadap Penataan Ruang”.

Mahi, Ali Kabul, M.S dan Trigunarso, Dr. Sri Indra, SKM.,M.Kes. 2017. “Perencanaan Pembangunan Daerah: Teori & Aplikasi”.

Nugroho, Iwan dan Dahuri, Rokhmin. 2003. “Pembangunan Wilayah: Persiapan Ekonomi Sosial dan Lingkungan”.

Ramdani, Rijal. 2014. “Keberhasilan Koalisi Rakyat untuk Kontitusi (Korsi) dalam Mempengaruhi Proses Perumusan Kebijakan Kawasan Peruntukan Industri pad Raperda RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) Kabupaten Subang Tahun 2011-2031”. Universitas Gajah Mada.

Rusli, H. Budiman. 2013. “Kebijakan Publik: Membangun Pelayanan Publik Yang Responsif”.

Surtiani, Eni Endang. 2006. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terciptanya Kawasan-Kawasan Permukiman Kumuh di Kawasan Kota”. Study Kasus Kawasan Panceran, Salahtiga. Tesis pada Program Magister Universitas Diponegoro, Semarang .

Sunarya, Roni Gunawan. “Penataan Ruang Publik yang Memadukan Pola Aktivitas dengan Perubahan Fisik Kawasan”. Kasus Kawasan Tambak Bayan Babarsari, Yogyakarta. Prosiding dan Seminar Nasional Ikatan Arsitek Indonesia 21-23 Juli 2014.

Saefulhakim, H.R. Susun. “Konsep dan Penataan Ruang dan Pengembangan Kawasan Pedesaan”. Jurnal PWK. Vol. 8 No. I/Januari 1997.

Sjafrizal. 2014. “Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Era Otonomi”.

Purwanto, Erwan Agus, Ph.D dan Sulityastuti, Dyah Ratih, M.Si. 2012. “Implementasi Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia”.

Undang-Undang. 2011. “Undang-undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman”

Undang-Undang. 2004. “Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional”.

Peraturan Daerah. 2014. “Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Subang Tahun 2011-2031”.

Surat Keputusan Bupati Subang. 2018 “Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah”.

Badan Standarisasi Nasional. 2004. “Tata Cara Perencanaan Lingkungan Perumahan Tidak Bersusun dan Daerah Perkotaan”.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v6i4.3103

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin