PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TERHADAP TRANSPARANSI PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH SECARA ELEKTRONIK DI KABUPATEN PANGANDARAN

Dewi Yuni Lestari, Ishak Kusnandar, Didin Muhafidin

Sari


Artikel ini membahas bagaimana pengaruh implementasi kebijakan terhadap transparansi pengadaan barang/jasa Pemerintah secara elektronik di Kabupaten Pangandaran. Apabila kebijakan pengadaan barang dan jasa yang tertera pada peraturan-peraturan yang berlaku terimplementasikan dengan baik, maka semestinya transparansi dalam pengadaan barang dan jasa Pemerintah secara elektronik dapat terwujud. Karena dalam pengadaan barang/jasa Pemerintah secara elektronik, seluruh proses pengadaan menggunakan sistem elektronik sejak perencanaan sampai kontrak. Meskipun secara empiris telah mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi, penerapan pengadaan barang dan jasa Pemerintah secara elektronik masih menghadapi tantangan, diantaranya adalah berupa resistensi dari individu pelaksana pengadaan barang/jasa yang kurang menguasai teknologi dan masih memiliki budaya korupsi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas data. Uji normalitas data dilakukan untuk mengetahui apakah data yang dihasilkan berdistribusi normal atau tidak. Hasil penelitian ini menyarankan untuk melakukan keterbukaan proses penyelenggaraan pelayanan publik, Kemudahan pengguna dalam memahami peraturan dan prosedur pelayanan, Kemudahan memperoleh informasi mengenai berbagai aspek penyelenggaraan pelayanan publik dan pelaporan penyalahgunaan kewenangan. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Pengadaan Barang/Jasa, Kabupaten Pangandaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adrianto, Nico. 2007. Good Government : Transparansi dan Akuntabilitas Publik melalui e-Goverment. Palangkaraya: Bayu Media.

Dwiyanto, Agus. 2006. Mewujudkan Good Geovernance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: UGM Press.

Wardiyanto, Bintoro. 2012. Kebijakan E-procurement. Surabaya: PT. Revka Petra Media.

Hafiz, Abdul Tanjung. 2010. Akuntansi, Transparansi, dan Akuntabilitas Keuangan Publik (Sebuah Tantangan).

Nugroho, R. 2003. Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tahjan, H. 2008. Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: RTH.

Wahab, Solichin Abdul. 2004. Anailisis Kebijaksanaan / Dari Reformasi Ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Wastra, Pranata. dkk. 1991. Pemberdayaan Konsep, Kebijakan dan Implementasi, Jakarta: CSIS.

Winarno, B. 2002. Teori Kebijaksanaan Publik. Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Edward III, G. C. 1980. Implementing Public Policy. Diperoleh 1 Oktober 2019, dari https://www.worldcat.org/title/implementing-public-policy/oclc/607866558.

Grindle, Merilee S., (ed), 1980. Politics and Apolicy Implementation in the Third World. Diperoleh 1 Oktober 2019, dari https://press. princeton. edu/ books / hardcover /9780691653990/politics-and-policy-implementation-in-the-third-world.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v7i1.3426

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin