TELAAH PROSES PENYUSUNAN RENCANA STRATEGIS (RENSTRA) DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN STRATEGIS (Penelitian di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Tasikmalaya)

Adi Kurnia

Sari


Penelitian ini berlatar belakang permasalahan aplikasi manajemen strategis di lingkungan organisasi publik,dilihat dari telaah menyangkut proses penyusunannya yang menunjukkan belum secara optimal melibatkan unsur pimpinan puncak dalam mengambil peran strategis ke arah mana dari sasaran dan tujuan organisasi akan dibawa ke masa depan (5 tahun). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkritisi bagaimana proses penyusuna rencana strategis (Renstra) Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perlindugan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis deskriptif univariat, yaitu mendeskripsikan secara umum tentang suatu fenomena yang diamati dengan menggunakan frekeusi.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dimensi penentuan visi dan misi, analisis lingkungan, penentuan sasaran dan tujuan serta strategi pencapaian tujuan kurang diapresiasi tinggi oleh responden artinya penyusunan renstra belum secara otimal melibatkan unsur pimpinan puncak.Simpulan penelitian ini mengungkapkan belum ada pandangan secara kuat dari responden menyangkut proses penyusunan renstra, mulai dari tahapan penemntuan visi, misi, analisis lingkungan, penetapan sasaran tujuan serta strategi pencapaiannya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi sasmita Rahardjo, 2011. Manajemen pemerintahan Daerah Yogyakarta : Graha Ilmu

Bungin, Burhan, 2011 Metode Penelitian Sosial Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif, Surabaya : Airlangga University Press.

David, Fred R., 2009, Strategic Management Manajemen Strategi Konsep. Dono Sumardi (terj.)Edisi keempat, Jakarta : PT Buku Seru.

Gaspersz, Vincent, 2004. Perencanaan Strategik untuk Peningkatan Kinerja Sektor Publik Suatu Petujuk Praktis. Jakarta: PT Gremedia Pustaka Utama.

Purwanto, Erwan Agus, Dyah Ratih Sulitiyatuti. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta : Gaya Media.

Kadmasasmita, Achmad Djuaeni, 2005. Manajement Strtegis Konsep Dan Aplikasi. Bandung : LAN RI.

Kast, Fremont E, James E. Rosenweig. 2002. A Hasymi (terj.) Edisi Keempat, Organisasi dan Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara.

Sedarmayanti, 2011. Membangun dan Mengembangkan Kepemimpinan Serta Meningkatkan Kinerja Untuk Meraih Keberhasilan. Bandung : PT Refika Aditama.

--------------2014, Manajemen Strategi. Bandung : PT Refika Aditama.

Siagian, Sondang P., 2008 Manajemen Stratejik, Jakarta : PT BUMI AKSARA.

Setyono, Budi., 2014. Pemerintahan dan Manajemen Sektor Publik Prinsip-prinsip Manajemen PengelolaanNegara Terkini. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Administrasi dilengkapi Dengan Metode R & D, Bandung : CV Alfabeta.

Suryabrataa, Sumadi, 1983.Metodologi Penelitian. Jakarta: CV Rajawali.

Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2003. Manajemen Modern Untuk Sektor Publik. Yogayakrta : Balariung & Co.

Wibowo, 2009. Manajemen Kinerja. Jakarta : Rajawali Press.

Dokumen Lainnya

Peraturan Bupati Nomor 37 Tahun 2014. Tentang Manajemen Kinerja Pegawai Sipil Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

Rencana Strategis Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2016 – 2021.

Profil Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v7i2.3607

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin