IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERDA NO. 8 TAHUN 2012 TENTANG PENYELENGGARAAN KESEJAHTERAAN SOSIAL MELALUI PELATIHAN DAN PEMBINAAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI KABUPATEN KARAWANG

Yuvita Nira Metasari, Eka Yulyana, Evi Priyanti

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Kaawang kepada masyarakat penyandang disabilitas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kabupaten Karawang No 8 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial melalui Pelatihan Keterampilan bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Karawang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, pengumpulan data dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang yang ditentukan dengan sampel non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan Teori Implementasi Kebijakan dari Van Meter dan Van Horn (1975) yang terdiri dari variabel Standar dan Sasaran Kebijakan, Sumberdaya, Komunikasi Antar Organisasi dan Kegiatan Pelaksana, Karakteristik Organisasi Pelaksana, Sikap Pelaksana, serta Lingkungan Sosial, Ekonomi dan Politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kabupaten Karawang No 8 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial melalui Pelatihan Keterampilan bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Karawang belum maksimal, sehingga Dinas Sosial Kabupaten Karawang perlu melakukan peningkatan terkait sumberdaya, komunikasi antar organisasi dan kegiatan pelaksana serta sikap pelaksana sehingga mampu memberi pengaruh terhadap capaian kinerja penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Allensky, A. (2017). Implementasi Perda Nomor 18 Tahun 2013 Tentang Perlindungan Dan Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Di Peknabaru (Studi Kasus Penyediaan Aksessibilitas Bidang Sarana Dan Prasarana Transportasi). JOM FISIP VOL 4, No.1, 4-8.

Creeswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Edisi keempat. PT Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Fathurrachmanda, S., Suryadi, & Pratiwi, R. N. (2013). Implementasi Rencana Program Rehabilitasi Sosial Bagi Penyandang Disabilitas Netra (Studi UPT Rehabilitasi Sosial Cacat Netra Malang). Wacana-Vol. 16, No.4, 215.

Kadji, Yulianto. 2015. Formulasi dan Implementasi Kebijakan Publik, Kepemimpinan dan Perilaku Birokrasi dalam Fakta Realitas. Edisi Pertama. UNG Press. Gorontalo.

Kurniasari, H. W. 2019. Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Lestari, E. Y., Sumarto, S., & Isdaryanto, N. (2017). Pemenuhan Hak Bagi Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Semarang Melalui Implementasi Convention On The Rights Of Persons With Disabillities (Cprd) Dalam Bidang Pendidikan, 4-7.

Mustopa Z. 2020. Implementasi Kebijakan Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Di Kabupaten Subang. Jurnal Dinamika. 7: 246 – 249.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Subarsono, A. (2015). Analisis Kebijakan Publik : Konsep, Teori dan Aplikasi. Cetakan VII. PT Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Wahab, S. A. (2017). Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Edisi Keenam. Bumi Aksara. Jakarta

Wirana, Yunus. S. 2020. Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga Oleh Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Dalam Mencapai Ketahanan Dan Kesejahteraan Keluarga Di Kabupaten Karawamg. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Undang-Undang Dasar No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas

Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v8i1.4409

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin