EFEKTIVITAS DINAS TATA RUANG DAN PERMUKIMAN DALAM PROGRAM REHABILITASI RUMAH TIDAK LAYAK HUNI KABUPATEN PURWAKARTA (Studi Kasus Rumah Tidak Layak Huni Di Desa Cibening Kabupaten Purwakarta)

Novidayanti Sri Rahayu, Yeyet Solihat, Evi Priyanti

Sari


Penelitian ini berangkat dari suatu permasalahan kemiskinan dan masyarakat berpenghasilan rendah di daerah Desa Cibening Kabupaten Purwakarta yang menyebabkan banyaknya rumah yang tidak layak untuk di huni. Tingginya angka kemiskinan dan masyarakat yang berpenghasilan rendah menimbulkan pertanyaan mengapa Desa cibening yang berada di daerah maju terdapat banyak PT masih ada masyarakat yang kurang sejahtera dan berpenghasilan rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif denganm pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diambil peneliti dalam menentukan informan menggunakan teknik sampling  Non-probability dengan pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Dalam menguji keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi. Penelitian ini menggunakan teori menurut Sutrisno Yaitu : Pemahaman Program, Tepat Sasaran, Tepat Waktu, Tercapainya Tujuan, dan Perubahan Nyata.Hasil penelitian ini bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni Belum efektif, dan masih banyak keluarga tidak mampu dan masyarakat berpenghasilan rendah yang belum mendapatkan bantuan Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni di Desa Cibening, faktor lainnya yaitu pengetahuan masyarakat yang rendah, serta semakin bertambahnya penduduk yang mengakibatkan padat lingkungan perumahan pemukiman kumuh dan rumah tidak layak huni. Dinas Tata Ruang dan Permukiman serta Panitia Rutilahu saling berkoordinasi untuk menuntaskan masalah Rumah Tidak Layak Huni yang ada Di Desa Cibening dengan mengefektifkan program Rutilahu untuk membantu Masyarakat. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amrizal, Dedi, Hidayah Dalimunthe, Ahmad, Yusrianti. 2018. Penanggulangan Golput Dalam Pelaksanaan pemilu Legislatif dan Pilkada. Lembaga Penlitian dan Penulisan Ilmiah AQLI : Medan 2018.

Gibson, J.L, Ivancevich, J.M & Donelly, J.H., Jr. 1997. Organizations: Business, Structure, Processes (8thed) .MA : Irwan Boston.

Prawirosentono, Ec Sujadi. 1997. Manajemen Produksi dan Operasi. Bumi Aksara, Jakarta

Sugiyono ,2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Jl. Tambra Raya No.23 Rawa Mangun : Jakarta.

Lestari, Ayu Fitri (2016) . Pengaruh Efektivitas Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI) terhadap pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Gerem Kecamatan Grogol Kota Cilegon. Skripsi, Universitas Sultan Agung Tirtayasa.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Peraturan Gubernur nomor 46 Tahun 2015 tentang Pedoman Program Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni.

Pedoman Pelaksanaan Rumah Tidak Layak Huni Tahun 2020 Kegiatan Pendampingan Perbaikan Rutilahu di Jawa Barat Tahun Anggaran 2020

Rencana Strategis Dinas Tata Ruang Dan Permukiman Kabupaten Purwakarta

RPJMD Kabupaten Purwakarta 2018-2023

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Operasional Penyelenggaraan Dana Alokasi Khusus Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v8i1.4460

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin