OPTIMALISASI STRATEGI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERCEPATAN KEPEMILIKAN AKTA KELAHIRAN

Dewi Bayu Astuty Soediro, Joni Dawud, Nita Nurliawati

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi kebijakan percepatan kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Purwakarta, untuk menganalisis kekuatan/kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman implemantasi kebijakan kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Purwakarta dan untuk menganalisis pengoptimalan strategi percepatan kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Purwakarta. Proses penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari keenam dimensi implementasi kebijakan Van Matter dan Van Horn hanya 3 dimensi yang diduga menjadi penyebab rendahnya kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Purwakarta yaitu dimensi sumber daya, dimensi karakteristik agen pelaksana dan dimensi kondisi sosial, ekonomi dan politik. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti dengan Ikatan Bidan Indonesia dan Rumah Sakit, memperbanyak pelatihan dan pembinaan koordinator wilayah, optimalisasi penyerapan anggaran dana alokasi khusus (DAK) untuk pelayanan masyarakat, sosialisasi akan pentingnya akta kelahiran, mengoptimalisasi layanan jemput bola, serta memanfaatkan teknologi dan informasi melalui pembuatan akta kelahiran berbasis online. Selain itu juga perlu melakukan penyadaran dan sosialisasi kepada masyarakat serta memperbaiki atau melengkapi fasilitas baik sarana maupun prasarana.Keywords: Optimalisasi, Strategi, Implementasi, Kebijakan, Akta Kelahiran 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Augusty, F. (2014). Metode Penelitian Manajemen Edisi kelima. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana.

Christianingsih, E., Tetap, D., Nurtanio, U., Sulaiman, L., & Bandung, K. (2017). Pengaruh koordinasi terhadap pelayanan prima penerbitan akta kelahiran di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten bandung. Pengaruh Koordinasi Terhadap Pelayanan Prima Penerbitan Akta Kelahiran Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung.

Ekasari, R., & Wicaksana, R. (2018). KABUPATEN BANYUWANGI PROVINSI JAWA TIMUR Oleh : 115–127.

Ferdian, F., Made, N., Widhiastiti, S., Pascarani, N. D., & Dwi, K. W. (2017). ( Studi Kasus Inovasi Capil Online Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang ). Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 14(5), 43–47.

Istiadi, A., & Rosdiana, W. (2012). IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERENCANA (Studi Pada Kelompok Sasaran Keluarga Dengan Remaja di Dusun Waung Desa Sonoageng Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk). Publika, 1(1), 1–8. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/20687/18965

Mahsyar, A. (2017). Model Partnership Governance Dalam Penerapan Community (Issue February 2016).

Nurnafajrin, R., Kania, I., Ilmu, J., Negara, A., Garut, U., Ilmu, J., Negara, A., & Garut, U. (2009). PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN.

Panti, B. A., Di, A., & Makasar, K. (2020). Strategi dinas kependudukan dan pencatatan sipil dalam pelayanan kepemilikan akta kelahiran bagi anak-anak panti asuhan di kota makasar. 5(1), 69–80.

Patriansyah, W. (2016). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KELUARGA KASUS KESERTAAN KB PRIA DI KECAMATAN BATANGTORU Oleh : 7(2), 34–44.

Pravijanti, V. (2018). Analisis Keberhasilan Inovasi Pelayanan Paket Hemat 1 (Penerbitan Akta Kelahiran Dan Kartu Keluarga) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Publika, 6(4).

Shalikhah, N. D. (2016). PEMANFAATAN APLIKASI LECTORA INSPIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif, XI(1), 101–115. google scholer

Srait, R. (2017). Analisis Pelayanan Publik Terhadap Adminisrasi Penerbitan Akta Kelahiran. Jurnal Administrasi Publik, 1(2), 232–249.

Sudjatmoko, F., Baru, B. M., Ilmu, F., Dan, S., Politik, I., Madiun, U. M., Ilmu, F., Dan, S., Politik, I., & Madiun, U. M. (2016). Studi implementasi kebijakan dalam pelayanan akta kelahiran. 17(September).

Sugiono. (2013). Akuntansi Sosial Dan Lingkungan, Perlu Atau Tidak ? (Tinjauan Konsep Dan Implementasinya Pada Perusahaan-Perusahaan Di Indonesia). Wacana Equilibrium, 1(1).

Van Meter, D. S., & Van Horn, C. E. (1975). The Policy Implementation Process: A Conceptual Framework. Administration & Society, 6(4), 445–488. https://doi.org/10.1177/009539977500600404.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v8i1.4553

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin