PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN DI KECAMATAN CIBUAYA KABUPATEN KARAWANG

Rosi Rahayu, Kusrin Kusrin, Hanny Purnamasari

Sari


Efektivitas Program Keluarga Harapan dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan di Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang dilatar belakangi dengan belum tepat sasaran khususnya diKecamatan Cibuaya yaitu karena proses pembaruan data yang belum maksimal dimana data DTKS tidak pernah diupdate sehingga masih banyak masyarakat miskin yang tidak mendapatkan bantuan PKH dan ketidaktepat sasaran program  karena dalam proses pendataan masih menggunakan data lama maka dari itu harus lebih ditingkatkan lagi terkait Efektivitas Program Keluarga Harapan dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan diKecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang. Analisa hasil penelitian Efektivitas Program Keluaraga Harapan dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan di Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang dilakukan dengan wawancara dan observasi lapangan dengan menggunakan teori menurut Budiani dengan 4 indikator yaitu, Ketepatan sasaran program, Sosialisasi program, Tujuan program,Pemantauan program.Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, tujuannya untuk mengetahui apakah program yang dibuat pemerintah berjalan efektif atau tidak. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Program Keluarga Harapan dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan di Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang yang dikaji melalui empat faktor menunjukan Ketepatan sasaran program, Sosialisasi program, durasa masih belim maksimal dalam pelaksanaannya karena masih banyak masyarakat yang tidak mampu dan sudah memenuhi syarat tiddak mendapatkan bantuan, selanjutnya Tujuan program dan Pemantauan program masih belum maksimal dalam pelaksanaannya. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali Khomsan, Arya Hadi Dharmawan, Saharuddin, Alfiasari, Hidayat Syarief, D. S. (2015). Indikator Kemiskinan Dan Misklasifikasi Orang Miskin. Fakultas Ekologi Manusia IPB bekerja sama dengan Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

bps.go.id. (n.d.). No Title. https://www.bps.go.id/subject/23/kemiskinan-dan-ketimpangan.html#subjekViewTab3

Bhinadi, A. (2017). Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat. Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Dedi Amrizal, Ahmad Hidayah Dalimunthe, Y. (2018). Penanggulangan Golput dalam Pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pilkada (H. Wahyuni (ed.)). Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Djam’an, S. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualtatif R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v8i1.5018

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin