PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA MUKTISARI KECAMATAN CIPAKU KABUPATEN CIAMIS TAHUN 2020

Regi Refian Garis, Tina Trisnia

Sari


Partisipasi politik perempuan semakin diperlukan dalam upaya pengitegrasian  kebutuhan gender di berbagai sektor khususnya kebijakan publik. Memberikan kesempatan kepada perempuan dalam pembuatan kebijakan publik di desa adalah salah satu bentuk mengakomodir kebutuhan gender serta agar kebijakan-kebijakan yang dibuat tidak cenderung maskulinitas dan ada sentuhan keterlibatan dari tokoh-tokoh perempuan yang ada di desa. Struktur sosial ekonomi masyarakat dipedesaan masih kental bahwa laki-laki sebagai pemegang kekuasaan, sehingga ranah perempuan masih dianggap sebagai ruang domestik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Partisipasi Politik Perempuan dalam Pemilihan Kepala Desa Mutisari Tahun 2020. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Muktisari Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis ditemukan beberapa indikator permasalahan diantaranya yaitu Kurangnya Partisipasi Politik Perempuan dalam Pilkades Serentak Tahun 2020 di Desa Muktisari, Masyarakat Desa Muktsari kurang mengetahui adanya peranan Gender, Pendidikan Politik di Desa Muktisari masih sangat rendah. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan informan/narasumbernya Panitia Pemungutan Suara pemilihan Kepala Desa Muktisari dan Tokoh Masyarakat. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara serta studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Tingkat partisipasi politik pemilih perempuan dalam pilkades serentak di Desa Muktisari tahun 2020 masih sangat rendah dan belum optimal. Hal ini dibuktikan dengan adanya tujuh calon Kepala Desa Muktisari yang diseleksi menjadi lima calon, semua calonnya yaitu laki-laki. Masyarakat Desa Muktisari kurang mengetahui adanya peranan gender, mereka masih menganggap perempuan hanya diranah dometik yaitu sumur, dapur dan kasur, tanpa terlibat dalam partisipasi politik secara langsung.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, D. & Dinda. A. 2020. Partisipasi Politik Dalam Pemilihan Kepala Desa. Jurnal Moderat 6 (3). 585 – 610.

Hasanul B, Sholeh M & George Towar . 2019. Pemilihan Kepala Desa dan Partisipasi Masyarakat Marjinal: Studi Kasus di Pulau Bawean, Indonesia. Jurnal Wacana Publik 4 (1). 68-40.

Kharisma. 2019. Partisipasi Politik Perempuan Dalam Pemilihan Kepala Desa. Program Studi Ilmu Pemerintahan. Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (APMD). Yogyakarta.

Mariani, Samiruddin T. 2019. Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Desa Periode 2013-2019. Selami IPS 46 (2). 135-142.

Meleong, Lexy J. 2017. Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmatunnisa, Mudiyati. 2019. Perempuan dan Politik. Bandung : Unpad Press.

Yalvema, Miaz. 2012. Partisipasi Politik Pola Perilaku Pemilih Pemilu Masa Orde Baru dan Reformasi. Padang : UNP Press.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v8i1.5123

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin