INOVASI PENERAPAN SISTEM LAYANAN ONLINE PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GARUT DI ERA COVID-19

Ema Rismayanti, Sartibi Bin Hasyim, Suci Istiqomah

Sari


Semenjak diterapkannya kebijakan social distancing akibat penyebaran wabah Covid-19. Beberapa instansi pemerintah seperti pelayanan publik mulai melakukan inovasi pelayanan secara online. Salah satu instansi tersebut ialah Disdukcapil Kabupaten Garut. Tercatat semenjak awal April 2020 pihak dinas telah menyelenggarakan pelayanan secara online melalui website resminya. Pelayanan ini tergolong cukup baru, mengingat sebelumnya dinas terkait belum menerapkan pelayanan serupa secara menyeluruh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi secara daring. Sumber data diambil dari pihak Disdukcapil Garut dan masyarakat yang telah mengakses layanan tersebut. Setelah data-data diperoleh selanjutnya dilakukan proses analisis untuk kemudian dipaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa penerapan inovasi tersebut cukup relevan dengan situasi yang melatarbelakanginya, meskipun masih terdapat kelebihan dan kekurangan dalam penerapannya. Hal ini dikarenakan adanya faktor-faktor seperti masih banyaknya masyarakat yang belum memahami penggunaan teknologi. Ditambah dengan mekanisme pelayanan yang bersifat darurat dan mendadak sehingga partisipasi masyarakat dalam menggunakan pelayanan tersebut masih belum maksimal. Namun di sisi lain, melalui inovasi tersebut masyarakat Kabupaten Garut mendapat kemudahan dalam kepengurusan administrasi kependudukan secara cepat, mudah, dan tepat, meskipun masih diperlukan beberapa evaluasi untuk lebih memaksimalkan kinerja dari pihak dinas terkait sehingga masyarakat semakin nyaman dan puas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anjani, W. S., Hanapiah, P., & -, R. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat Melalui Kegiatan Samsat Masuk Desa. CosmoGov. https://doi.org/10.24198/cosmogov.v5i2.21739

Atik an Ratminto. (2013). Manajemen Pelayanan, disertai dengan pengembangan model konseptual, penerapan citizen’s charter dan standar pelayanan minimal. Pustaka Pelajar.

Dwiyanto, Agus, dkk. (2008). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Gadjah Mada University Press.

Hardiansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik. Penerbit Gaya Media.

Mirnasari, R. M. (2013). Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purabaya-Bungurasih. Kebijakan Dan Manajemen Publik.

Mulyadi, Dedy., dkk. (2018). Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. ALFABETA.

Nasution. (1983). Sosiologi pendidikan. Bumi Aksara.

Nurdin, Z. (2016). Inovasi Program Kawasan Bebas Asap Rokok Di Desa Bone-Bone Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Https://Core.Ac.Uk/.

Saputra, Trio, W. A. (2018). Suara Pelayanan Publik: Reformasi, Birokrasi, Melalui Inovasi Pelayanan Publik. Jakad.

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. In Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Yogi Suwaarno. (2008). Inovasi di Sektor Publik. STAI LAN Press




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v8i2.5180

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin