KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA KANTOR KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN INDRAMAYU

Maulana Habil Hasyim, Hanny Purnamasari, Evi Priyanti

Sari


penelitian ini dilatar belakangi oleh kualitas pelayanan publik pada kantor Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu belum memuaskan.tujuan penelitian ini untung mengetahui serta menganalisis kelebihan maupun kekurangan dalam pelaksanaan pelayanan publik yang fokus kepada pelayanan administrasi kependudukan di instantsi tersebut, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif serta teknik pengumpulan data yang berasal dari hasil studi dilapangan dengan didukung oleh studi pustaka, taknik tersebut terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. penentuan informan menggunakan model purposive sampling. analisis data dalam penelitian terkait kualitas pelayanan publik menggunakan teori dari Zeithaml et, al dalam Hardiyansyah (2018) yang terdiri dari beberapa indikator, diantarnya berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati. hasil dari penelitian tersebut didapati bahwa pada indikator kehandalan, ketanggapan, empati menunjukan kualitas pelayanan publik yang baik. Namun pada indikator Berwujud dan Jaminan pelayanan publik kurang maksimal. hal ini dikarenakan pemanfaatan fasilitas penunjang pelayanan yang belum dimanfaatkan secara optimal serta jaminan ketepatan waktu pelayanan yang membutuhkan waktu cukup lama-hal tersebut dikarenakan kurangnya kapasitas SDM sehingga pemrosesan pelayanan menjadi kurang maksimal.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gava Media : Yogyakarta.

Tjiptono. (1996). Manajemen Jasa. Penerbit Andi : Yogyakarta.

Djafri, N. (2018). Manajemen Pelayanan : Berbasis Revolusi Mental. Ideas Publishing : Gorontalo.

Rasyid. (2000). Makna Pemerintahan. Mutiara Sumber Widya : Jakarta.

Mahmudi. (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik. STIE YKPN : Jakarta.

Mundir. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. STAIN Jember Press : Jember.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v8i2.5602

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin