PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN KARANGPAWITAN KABUPATEN GARUT

Aceng Ulumudin, Widi Dwiandini

Sari


Berdasarkan penelitian di Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut terdapat beberapa permasalahan kaitannya dengan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) yang masih belum efektif, fokus dalam penelitian ini adalah kaitannya dengan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut.Desain yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta atau fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan.Berdasarkan hasil analisis dari hasil penelitian terkait dengan dimensi reliability (kehandalan), responsiviness (ketanggapan), emphaty (empati), assurance (ketanggapan) dan tangibel (bukti fisik) hasil dari wawancara dan observasi di lapangan di temukan sudah cukup baik sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku di Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut, namun terdapat beberapa hambatan yang diantaranya adalah jumlah pegawai yang sedikit, sarana dan prasarana yang perlu perbaikan dan penambahan sesuai dengan kebutuhan dalam pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barata, A. A. (2019). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Yudhistira.

Dila, F., & Amni, Z. R. (2019). Implementasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Universitas Diponegoro: Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Hasibuan, M. S. (2014). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mangkunegara, A. A. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Pesada Karya.

Pravita, S. (2016). Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten). Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.: Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik.

Ratminto, d. (2012). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Safiie, I. K. (2018). Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia (SANRI). Jakarta: Bumi Aksara.

Sedarmayanti, Listiani, T., & Mulyaningsih. (2020). Inovasi dan Manajemen Pengetahuan untuk Mewujudkan SDM Unggul. Bandung: Refika Aditama.

Siagian, P. S. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Sinambela, L. P. (2014). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v8i2.5759

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin