COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN DESA (Studi di Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis)

R. Rindu Garvera, Fachmi Syam Arifin, Anisa Nurul Fazrilah

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terjadinya tumpang tindih peran antara stakeholder yang terlibat dalam proses Collaborative Governance di Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses Collaborative Governance yang dilakukan untuk mewujudkan kemandirian Desa Bojongmengger, mengetahui apa saja faktor pendukung  dalam pelaksanaan Collaborative Governance di Desa Bojongmengger dan mengetahui apa saja faktor penghambat dalam pelaksanaan Collaborative Governance di Desa Bojongmengger. Penelitian ini penting dilakukan karena keberhasilan kerjasama stakeholder dapat merefleksikan kesiapan pemecahan masalah sosial. Penelitian menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Collaborative Governance dalam mewujudkan kemandirian desa belum berjalan optimal, Adapun untuk faktor pendukung dalam pelaksanaan Collaborative Governance di Desa Bojongmengger yaitu dari Sumber Daya (Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Keuangan), serta Otoritas atau Kewenangan. terdapat 3 (tiga) hambatan dalam pelaksanaan Collaborative Governance yaitu kurangnya komitmen, keterbatasan informasi serta struktur organisasi yang masih terlihat hirarki atau lebih mendominasi.Kata Kunci: Collaborative Governance, Kemandirian Desa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Yusuf Zainal. 2016. Komunikasi Pemerintahan: Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Agusta, I., Tetiani, A.,& Fujiartanto. 2014. Indeks Kemandirian Desa: Metode, hasil dan Alokasi Program Pembanguan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Islamy, Syaeful. 2018. Collaborative Governance: Konsep dan Aplikasi: Budi Utama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Terry G.R. 2016. Asas-Asas Manajemen. Jakarta: Renika Cipta.

Ulum, M.C., dan Rispa Ngindana. 2017. Environmental Governance: Isu, Kebijakan Indonesia dan Tata Kelola Lingkungan Hidup. Malang: UB Press.

Usman, Husaini. 2015. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara

Sumber dari Jurnal Ilmiah:

Endah,K. (2018) Mewujudkan Kemandirian Desa Melalui Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa. Moderat: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(4), 25-33.

Nursetiawan, I. (2018). Strategi Pengembangan Desa Mandiri Melalui Inovasi Bumdes. Moderat: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(2), 72-81.

Rusmini. (2020). Pelaksanaan Program Kebijakan Desa Mandiri Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Nagrog Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat. Moderat: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 6(3), 624-639.

Dokumen Resmi:

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v8i3.6603

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin