EFEKTIVITAS PENERAPAN PORTAL EMAS DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ONLINE DI KELURAHAN WIROBORANG KOTA PROBOLINGGO

Verto Septiandika, Risza ulfia Wahyuni

Sari


Penelitian bertujuan untuk menguraikan mengenai keefektifan dari penerapan Portal Emas (Probolinggo Smart Digital Melayani Masyarakat) dalam meningkatkan suatu pelayanan publik. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif secara deskriptif. Fokus penelitian mengacu pada penerapan Portal Emas dalam meningkatkan pelayanan publik berbasis online di Kelurahan Wiroborang Kota Probolinggo. Teori yang digunakan dalam penelitian yaitu efektivitas pelayanan publik menurut (Sedarmayanti 2009:60) dalam mengukur program pada suatu pelayanan publik di lembaga atau instansi pemerintahan. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Dalam teknik pengumpulan data pada saat penelitian dilakukan dengan cara melakukan observasi pada instansi terkait, setelah itu dilakukan wawancara mendalam mengenai penelitian serta adanya dokumentasi sebagai akhir penelitian. Dalam penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa hasil dari penelitian penerapan Portal Emas telah berhasil diterapkan atau telah efektif sehingga dapat membantu permasalahan dalam mengurangi terjadinya deskriminasi dan ketidakpastian mengenai waktu pelayanan yang di butuhkan oleh pemohon. Faktor pendukung dalam penelitian ini terdiri dari hakikat kerja sama yang merupakan semua pihak dikatakan assembling produktif dan ketersediaan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan, komitmen untuk mengelola pelaksanaanya. Sementara faktor penghambat terdiri dari faktor internal terkait dengan hambatan yang sering terjadi didalam instansi dan faktor eksternal adalah sebuah hambatan yang berasal dari luar instansi. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Smart Digital, Pelayanan Publik Online

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggiawan, D D, E Pandie, and M Boru. 2018. “Sistem Informasi Pelayanan Publik Kelurahan Bakunase Kota Kupang Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Berbasis Web.”J-Icon: Jurnal Komputer …. http://ejurnal.undana.ac.id/jicon/article/view/509.

Bella, H S. 2017. “… Pelayanan Publik (Studi Implementasi Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 39 Tahun 2011 Tentang Penerbitan Perijinan Satu Paket Pada Badan Pelayanan ….”

Buchari, R A. 2016. “Implementasi E-Service Pada Organisasi Publik Di Bidang Pelayanan Publik Di Kelurahan Cibangkong Kecamatan Batununggal Kota Bandung.” Sosiohumaniora. http://journal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/8762.

Chaharani, Nurrizha Ayu, Tri Putra Adi, and Diba Latifa Hasmi. 2020. “PENERAPAN APLIKASI PENDAFTARAN ANTRIAN PASPOR ONLINE (APAPO) DALAM PERSPEKTIF E-GOVERNMENT.” Jurnal Kebijakan Publik.

Fitriyani, F, A Arsiyah, and A R UB. 2019. “Berkas Mlaku Dhewe (BMW) Untuk Peningkatan Pelayanan Publik Di Kabupaten Sidoarjo.” … Kebijakan dan Manajemen Publik). http://ojs.umsida.ac.id/index.php/jkmp/article/view/1316.

Junirianto, Eko, and Deviana Sely Wita. 2020. “Pengembangan Aplikasi Antrian Online MAL Pelayanan Publik Samarinda.” Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer.

IRMAYANI, D. 2021. PENERAPAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK SECARA ONLINE PADA KANTOR OMBUDSMAN PERWAKILAN PROVINSI RIAU. repository.uin-suska.ac.id. http://repository.uin-suska.ac.id/48658/.

Mutiarin, D, and J H Wijaya. 2017. “Evaluasi Penerapan Siap-Ppdb Online Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan.” Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi …. http://jurnal-p2kp.id/index.php/jp2kp/article/view/67.

Oktavias, A D, and W Rosdiana. 2019. “Efektivitas Aplikasi Sistem Operasional Terpadu Online Lamongan (SOTOLA) Di Polres Lamongan.” Publika. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/31529/28604.

Sari, D R. 2018. “IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI Smart Netizen PADA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH (Studi Kasus Desa Buyut Udik ….” http://repository.radenintan.ac.id/5307/1/SKRIPSI.pdf.

Savinatunazah, Vina. 2019. “Efektivitas Pelayanan Perizinan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis.” Jurnal iIlmiah Ilmu Adminisitrasi negara 6(2).

Supardal, S. 2016. “Penerapan ICT Dalam Pelayanan Publik Di Kabupaten Bantul.” Otoritas:JurnalIlmuPemerintahan.https://journal.unismuh.ac.id/index.php/Otoritas/article/view/272.

Sikone, Felix Venancio, Wiliam Djani, and Zed Soni Libing. 2019. “EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK ONLINE PADA BADAN PENDAPATAN DAN ASET DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR DI KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN.” The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA).

Susena, E, and D A Lestari. 2016. “Efektivitas Penerapan Electronic Government Terhadap Pelayanan Publik Di Kabupaten Sragen.” Jurnal Sainstech. http://www.poltekindonusa.ac.id/SUB-DOMAIN/jurnal_sainstech/index.php/view/article/view/128.

Timur, Propinsi Jawa et al. 2017. “{{ Walikota Probolinggo Provinsi Jawa Timur.” 2007: 1–101.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v9i1.6782

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

© 2022 by DINAMIKA Created by Admin