FORCASTING DIGITALISASI TERHADAP PENDAMPINGAN UMKM DI KABUPATEN CIAMIS

Asep Nurwanda, Elis Badriah, Eet Saeful Hidayat

Sari


Rendahnya manajerial skill pelaku UMKM seperti kemampuan peramalan, pemahaman dan  keterampilan pelaku usaha khas di Desa Kawunglarang Kecamatan Rancah Ciamis. Adapun tujuan penelitian adalah memberikan pemahaman tentang digitalisasi ke pelaku usaha tersebut sehingga dapat meningkatkan penjualan produksinya serta untuk menganalisis penerapan digitalisasi pemasaran dalam upaya peningkatan daya saing UMKM Saroja. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualiatif dengan mengambil data primer berupa wawancara dengan responden serta data sekunder dari kantor Desa dan UMKM. dengan Objek penelitian adalah pelaku usaha UMKM yang telah menekuni usaha dalan rentang waktu yang lam.a Kegiatan dilaksanakan dengan memberikan peramalan, penyuluhan dan pendampingan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan peramalan, pemahaman dan  keterampilan pelaku usaha berimplikasi  terhadap peningkatan pemasaran berbasis digitalisasi, dan  omzet penjualan.  Kata kunci : Forcasting, UMKM, digitalisasi, keterampilan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sari, Y. P., Farida, I., & Hetika, H. (2019). Model Pendampingan Umkm Pengolahan Hasil Laut Dengan Metode Pendekatan Pendampingan Terintegrasi. Monex: Journal of Accounting Research-Politeknik Harapan Bersama Tegal, 8(1), 293-302.

Setyorini, C. T., & Susilowati, D. (2019). Pendampingan UMKM Batik Dalam Mengoptimalkan Nilai Tambah UMKM Melalui Pelatihan Pembuatan Motif Batik Khas Purbalingga. Darma Sabha Cendekia, 1(1), 54-61.

Sudjinan, S., & Juwari, J. (2018). Pemberdayaan Potensi Masyarakat Melalui Pendampingan UMKM Dan Koperasi Di Kelurahan Telaga Sari Kota Balikpapan. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi (JAMIE), 1(01), 40-49.

Pemasaran Digital : https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-pemasaran-digital-dan-strateginya/




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v9i1.7338

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

© 2022 by DINAMIKA Created by Admin