INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS

ahmad juliarso

Sari


AbstrakSebagai Lembaga  Pemerintah  yang berperan  mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintah di wilayah kerja kecamatan yang diperoleh dari pelimpahan kewenangan Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat, Kantor Kecamatan Cijeungjing juga berperan serta dalam setiap proses tahapan perumusan kebijakan tentang perencanaan pembangunan daerah. Berbagai upaya dilakukan guna meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, salah satunya dengan melakukan inovasi pelayanan. Sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang No.23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah. Dalam Bab XXI bertajuk Inovasi Daerah, menjelaskan bahwa dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan dalam upaya meningkatkan kulaitas layanan, pemerintah daerah dapat melakukan inovasi. Adapun objek kajian dalam penulisan artikel ilmiah ini bertempat di Kantor Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Berdasarkan hasil penelitian,diketahui telah dilakukan beberapa inovasi pelayanan yang dilakukan di Kantor Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis,khususnya dalam upaya peningkatan kualitas layanan publik.Kata Kunci :Inovasi, Pelayanan Publik

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Dwiyanto. Agus, 2010, Reformasi Aparatur Negara Ditinjau Kembali. Gava Media. Yogyakarta

Lukman, Sampara & Sutopo, 2001, Pelayanan Prima (bahan Ajar Diklat Prajabatan Golongan (1), Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Jakarta.

Moenir, HAS. 2001. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Edisi V.

Ndraha. Taliziduhu, 2003, Kybernologi Ilmu Pemerintahan baru (I), PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Pasolong, Harbani, 2007, Teori Administrasi Publik, Alfabeta, Jakarta.

Silalahi. Ulber, 2010, Metode Penelitian Sosial, Refika Aditama, Bandung

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 26 Tahun 2004 tentang Petunjuk Teknis Transparansi dan Akuntabilitas Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v4i4.881

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin