MEMAHAMI ADMINISTRASI NEGARA MELALUI PERSPEKTIF PERBANDINGAN

Ari Kusumah Wardani

Sari


AbstrakTulisan ini bermaksud untuk memperkenalkan Perbandingan Administrasi Publik / Negara sebagai salah satu perspektif atau kajian tersendiri dalam Ilmu Administrasi Publik / Negara. Secara khusus, bagi para akademisi Administrasi Publik / Negara, tulisan ini diharapkan menjadi salah satu acuan dalam mengimplementasikan penelitian dalam lingkup Administrasi Publik / Negara dengan basis perbandingan.Pada prinsipnya, tujuan akhir dari pendekatan Perbandingan Administrasi Negara adalah untuk memperpendek kesenjangan antara objek yang dibandingkan. Contohnya negara maju vs Negara berkembang, sentralisasi vs Desentralisasi, dll. Caranya adalah dengan mengenali dan menganalisis faktor yang menyebabkan satu satu objek tertinggal atau secara kualitas lebih rendah daripada yang lain atau begitupun sebaliknya. Tantangan terbesarnya adalah bagaimana hal tersebut agar menjadi meningkat setelah dibandingkan.Pendekatan ini sangatlah aplikatif dalam menjawab masalah-masalah dalam administrasi publik pada situasi yang spesifik, mengingat perbedaan khas pada konteks tiap institusi dan level dalam administrasi pemerintahan. Karena pendekatan ini berorientasi pada benchmarking / studi tolak ukur, maka secara positif dan signifikan berdampak pada perubahan & Reformasi Administrasi.  Kata Kunci: Perbandingan Administrasi Negara / Publik, Komparatif, Benchmarking.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Referensi

Heady, Ferrel. 1962. “Comparative Public Administration: Concerns and Priorities”. USA: The University of Michigan, Institute of Public administration.

Heady, Ferrel. 2006. “Comparisson in The Study of Public Administration”. Tercantum dalam Kompilasi: “Comparative Public Administration: The Essential Readings”. Netherlands: JAI Press.

Jreisat, J. 2002. “Comparative Public Administration and Policy”. Cambridge: Westview Press.

Otenyo, E.E. & Lind, N.S. 2006. “Comparative Public Administration: Growth, Method, and Ecology”. Tercantum dalam Kompilasi: “Comparative Public Administration: The Essential Readings”. Netherlands: JAI Press.

Rathod, P. B. 2007. “Comparative Public Administration”. Jaipur, India: ABD Publishers.

Waldo, Dwight. 2006. “Comparative Public Administration: Prologue, Performance, Problems, and Promise”. Tercantum dalam Kompilasi: “Comparative Public Administration: The Essential Readings”. Netherlands: JAI Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v4i4.891

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin