PENERAPAN TEKNOLOGI SEBAGAI INOVASI PELAYANAN DI SEKTOR PUBLIK (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pangandaran)

Dede Syahril Sidik, Ari Kusumah Wardani

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan ingin mengetahui peran kepemimpinan yang strategis dan inovatif dalam pelayanan di sektor publik dan implementasi inovasi yang ada di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pangandaran, yaitu tentang Inovasi dalam Pelayanan pengeluaran perizian usaha bagi masyarakat. Dengan dilatarbelakangi karena pemberian pelayanan sebelumnya menggunakan pencacatan secara manual yang kurang efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan deskriptif. Model analisis data yang digunakan oleh penulis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kepemimpinan yang memiliki inovasi yang harus memiliki perubahan-perubahan dalam organisasi yang sesuai dengan lingkungannya. Kemampuan ini sangat penting, mengingat seorang pemimpin menjadi pelopor utama dalam memulai perubahan tersebut. Oleh karena itu konsistensi pimpinan dalam membina dan mengelola organisasi di lingkungan DPMPTSP melakukan perubahan khususnya dalam hal pelayanan kepada masyarakat dengan perubahan dari permohonan dan pencatatan manual diganti dengan menggunakan sistem teknologi.Kata kunci: Kepemimpinan Inovatif, Inovasi Sektor Publik, Pelayanan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darwin, Muhadjir. 2020. Kepemimpinan Inovatif dan Transformasi Budaya Inovasi [Video]. https://www.youtube.com/watch?v=Tp_qQ8DPvv8

Ghufrony, Ahmad & Kadarisman. 2018. Kepemimpinan Inovatif Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Publikdi Kecamatan Kota Sumenep. Dalam Jurnal Performance Bisnis & Akuntansi. Vol. 8. No. (1).

Indrawijaya, Adam Ibrahim. 2010. Teori, Perilaku, dan Budaya Organisasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Isnaini, Rodiyah. 2011. Kepemimpinan Strategis Pada Pelayanan Publik Building The Trust. Dalam Jurnal Kalamsiasi. Vol. 4. No. (1)

Keputusan Mentri Pendayagunaan Aaparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Komarudin. 2014. Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik. Bandung: Genesindo.

Masambe, Fimce. Dkk. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Inovasi Pemimpin Terhadap Kinerja Karyawan Daihatsu Kharisma Manado. Dalam Jurnal EMBA. Vol.3 No.(3). Hal.939-949

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Ramli, Muhamad. 2017. Kepemimpinan Inovatif Dalam Implementasi Kebijakan Strategis Pemerintah Kota Makassar. Dalam jurnal politik profetik. Vol. 5. No (2).

Sedarmayanti, 2010. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik). Bandung: PT Refika Aditama.

Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama

Sinambela, Lijan Poltak. Dkk. 2014. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suwarno, Yogi. 2008. Inovasi di Sektor Publik. STIA-LAN Press. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v9i3.9350

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin