PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNINGTIPE JIGSAW DENGAN MEDIA KASO BECA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IXJ SMP NEGERI 1 JALANCAGAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015 PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

DENI FIRDAUS

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada siswa dalam kelas, serta meningkatkan aktivitas belajar siwa kelas IX J SMP Negeri 1 Jalancagak melalui model pembelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw dengan Bantuan Kaso Beca. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, hasil cacatan lapangan, hasil tes akhir siklus dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, aktifitas siswa yang diambil dari lembar observasi siswa. Untuk hasil observasi pada siklus I pengamatan aktivitas mengajar peneliti 80%, aktivitas belajar siswa 70,%, masuk dalam kategori baik, pada siklus II pengamatan aktivitas mengajar peneliti 93,60 %, aktivitas belajar siswa 90% masuk dalam kategori sangat baik. Begitu juga dengan hasil belajar untuk siklus I yaitu 64,50, untuk siklus II yaitu 79. Dari hasil tersebut dapat diketahui ada peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa dari Siklus I ke siklus II, yaitu sebesar 13,5. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan belajar siswa belum tercapai yaitu sebesar 55%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85% yang sudah memenuhi ketuntasan minimum 70 dan nilai rata-rata kelas yang ditetapkan yaitu 85%. Dengan demikian pada siklus II telah mencapai target, bahwa pembelajaran model pembelajaran Coopetive Learning tipe Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar materi sistem persamaan linear dua variabel. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw dengan Bantuan Kaso Beca dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas IX J SMP Negeri 1 Jalancagak Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV).Kata Kunci: Cooperatif Learning, tipe Jigsaw, Bantuan Kaso Beca, Hasil Belajar, Sistem Persamaan Liniear Dua Variabel

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Agus, Suprijono, 2009, Cooperative Learning Tori & Aplikasi PAIKEM, Surabaya: Pustaka Pelajar.

Ahmad, Tanzeh, 2004, metode penelitian praktis, Tulungagung: P3M.

Akhyak, 2005, Profil Pendidik Sukses, Surabaya: elKAF.

Anas, Sudijono, 2008, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asep, Jihad, 2008, Abdul Haris, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo.

Asikin, Moch. 2004. Dasar-dasar Proses Pembelajaran Matematika 1, Semarang: Pend. Matematika FMIPA Unnes.

ArifFurchan, 1992, Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif, Surabaya: Usaha Nasional.

Bambang, Sutejo, KTSP Strategis Analisis PTK, Surabaya: Unesa University Press.

Buchari, Alma, 2008, Guru Profesional, Bndung: Alfabeta.

Budi, isyanto, 2003, Model Cooperative Learning. t.t.p

Deddy, Mulyana, 2004, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi Nuharini, 2008, Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk Kelas VIII SMP dan MTs, Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Dwi, Sunar, Prasetyono, dkk, 2008, Kupas Tuntas Matematika Dasar Untuk SMP Kelas VII-IX, Jogjakarta: Think Jogjakarta.

Erman, Suherman dkk, 2003, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Faisal, Sanapiah, 2005, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.

Isjoni, 2010, Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok, Bandung: Alfabeta.

Iskandar, 2009, Metodologi Penelitian Pendidikan dan social, Jakarta: Gaung Persada Press.

Lexy J. Moloeng, 2002, Metodologi Penelitian kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lisnawati, Simanjuntak, 1993, Metode Mengajar Matematika, Jakarta: Rineka Cipta.

Masriyah, 20010, Modul Pembelajaran Inovatif & Asesmen Mata Pelajaran Matematika, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Moch. Masykur Ag, Abdul Halim Fatani, 2008, Mathematical Intellegence, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Muflihah, 2008, Kumpulan Lengkap Rumus Matematika SMP, Jakarta: Puspa Swara, Anggota Ikapi.

Miles, M.B & Huberman, 1992, Analisis data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjejep Rohendi Rohidi, Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Mulyasa, 2005, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana, Sudjana, 1989, pengertian Belajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana, Sudjana, 2006, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Noeng, Muhajir, 1996, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin.

Pradnyo, wijayanti, 2002, Model Pembelajaran Kooperatif Cooperative Learning.

Robert Bogdan, Steven J. Taylor, 1993, Kualitati fDasar-dasar Penelitian, Surabaya: Usaha Nasional.

Robet, Slavin E, 1995, cooperative learning: theory reseach and practice, Boston: allyn and balon.

Robert, Slavin, 2008, Cooperative Learning Teori,Riset,dan praktik. Terjemahan oleh Nurlita, Bandung: Nusa Media.

Rochian, Wiratmadja, 1999, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Depdikbud.

Russefendi, 1980, Pengajaran Matematika untuk Sekolah Menengah, Jakarta: Depdikbud

Salah, Kaduri H, 2004, Sejarah Matematika Klasik Dan Modern, Surabaya: UAD PRESS.

Saifuddin, Azwar, 1987, Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Syaiful, Bahri, Djamarah, 2008, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful, Bahri, Djamarah, 2010, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful, Sagala, 2005, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto, 1992, Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi, Arikunto, 1998, Manajemen Penelitian, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Suharsimi, Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta

Suharsimi, Arikunto, dkk, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Suharsimi, Arikunto, 2010, Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi, 2003, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensidan Praktiknya, Yogyakarta: Bumi Aksara

Trianto, 2007, model-model Pembelajaran Inovative Berorientasi Kontruktivistik, Jakarat : Prestasi Pustaka Publiser.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.