PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN HEULEUT TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Entin Suprihatin

Abstract

Hakikat pembelajaran IPA adalah proses mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep, atau prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Karena IPA merupakan ilmu yang bersifat empirik dan membahas tentang fakta serta gejala alam. Fakta dan gejala alam tersebut menjadikan pembelajaran IPA tidak hanya verbal tetapi juga faktual. Hal ini menunjukkan bahwa, hakikat IPA sebagai proses diperlukan untuk menciptakan pembelajaran IPA yang empirik dan faktual. Hakikat IPA sebagai proses diwujudkan dengan melaksanakan pembelajaran yang melatih ketrampilan proses bagaimana cara produk sains ditemukan. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah 1) Perbaikan dan peningkatan layanan profesional guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). 2) Meningkatkan kualitas isi, masukan, proses, dan hasil pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. 3) Meningkatkan dan menumbuhkan profesionalisme guru dan produktivitas penelitian tindakan kelas, sehingga guru mampu melaksanakan pelayanan pembelajaran yang bermutu. 4) Memberi kepercayaan kepada siswa untuk meningkatkan aktivitasnya dalam pembelajaran, sehingga para siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dalam pembelajaran bagian-bagian tumbuhan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SDN Heuleut Kecamatan Kadipaten tahun pelajaran 2015/2016, penulis dapat menarik kesimpulan sebagai sebagai berikut : 1) Rata-rata skor aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus pertama = 3,06 dan rata-rata skor aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus = 4,03 kedua semua aspek yang diamati mengalami kenaikan yang sangat signifikan, yakni naik 0,96 poin. Ini menunjukkan bahwa tindakan yang dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran bagian-bagian tumbuhan pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning. Hal tersebut berarti pendekatan contextual teaching and learning berhasil meningkatkan aktivitas belajar siswa. 2) Rata-rata nilai siswa pada siklus pertama sebesar 63,3 apabila dibandingkan dengan KKM yang ditetapkan sebesar 70,0, pembelajaran tersebut belum berhasil. Nilai tes akhir setelah pembelajaran pada siklus kedua, rata-rata nilai siswa sebesar 80,0 telah berhasil melampaui nilai KKM yang ditetapkan yaitu sebesar 70,0. Pendekatan contextual teaching and learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bagian-bagian tumbuhan pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Heuleut Kecamatan Kadipaten.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References

Abdurrahman. 1999. Mengatasi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arends, R. 2001. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw Hill Company.

Astuti, W. 2002. Upaya Guru dalam Mengoptimalkan Kemampuan Siswa SD Kelas III dalam Menyelesaikan Soal Cerita dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD. Skripsi S1 PGSD UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Bruner, J. 1991. The Act of Discovery. Cambridge: Harvard University Press. Clark & Lockhart.

Darmodjo dan Kaligis. 1993. Pendidikan IPA. Jakarta: Depdikbud.

Ibrahim, M. et.all. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.

Lie, A. 2004. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Rositawati, S. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Slavin, E. Robert. 1995. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media.

Solihatin, E. dan Raharjo. 2005. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudjana, S. 2000. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Fallah Production.

Sulistyorini, S. 2007. Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar dan Penerapan dalam KTSP. Yogjakarta: Tiara Wacana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.