PENGGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR (KBT) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Sri Suprayogi

Abstract

Pencapaian prestasi belajar siswa yang sesuai dengan tujuan pembelajaran merupakan harapan dari semua guru, tetapi kadang-kadang kontradiksi dengan kenyataan dalam hal ini tidak semua siswa mencapai prestasi belajar yang sesuai dengan harapan. Salah satu penyebabnya adalah kebanyakan pengetahuan yang dimiliki siswa diperoleh dengan cara ditransfer dari guru bukan belajar dengan cara menemukan sendiri pengetahuannya sehingga siswa cenderung menghapal akibatnya sulit untuk mengembangkan dan mudah lupa. Untuk itu perlu dicari alternatif model pembelajaran yang berpusat pada siswa, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe KBT. Penelitian ini berjudul: “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Kepala Bernomor Tersruktur Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dan aktivitas pembelajaran yang berpusat pada siswa serta tanggapan siswa pada pembelajaran lingkaran setelah menggunakan model Kooperatif Tipe KBT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas VIII.G SMP Negeri 1 Jalancagak Kabupaten Subang yang berjumlah 40 orang. Penelitian dilakukan dalam empat siklus tindakan pembelajaran, dengan langkah-langkah penelitian meliputi orientasi lapangan, pengumpulan data melalui tes formatif, tes blok, jurnal harian siswa, observasi dilakukan tiap akhir siklus tindakan sedangkan angket siswa dan wawancara dilakukan setelah semua siklus dilaksanakan, selanjutnya semua data yang diperoleh dianalisis Berdasarkan hasil analisis data yang meliputi aktivitas siswa, daya serap, ketuntasan belajar, tanggapan siswa yang ditulis pada jurnal harian, angket siswa dan dari hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dampaknya hasil belajar dan prestasi belajar siswa meningkat tiap siklusnya sedangkan tanggapan dari sebagian besar siswa terhadap proses pembelajaran adalah positif.

Full Text:

Download PDF

References

Aqib, Z (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi (2002). Prosedur Penelitian. Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas (2004). Pedoman Pembelajaran Tuntas: Jakarta

--------. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika: Jakarta

Djuawariah, Siti (2009). Penerapan Model Belajar Aktif Sebagai Upaya Membantu Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas 6. Probolinggo

Suherman, E. (2003). Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru.

Hendayana, Sumar dkk. (2006). Lesson Study. Bandung: UPI Press

Kurniawati, Ai (2004). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Kontekstual Terhadap Prestasi Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 28 Bandung. Skripsi UNINUS Bandung. Tidak diterbitkan.

Meliyani, Meli (2005). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered (NHT). Skripsi UPI Bandung. Tidak diterbitkan.

Mulyasa, E (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosda

Sudjana, R Karyata (2007). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe KBT pada Pembelajaran Persamaan Kuadrat Terhadap Prestasi Siswa SMA. Skripsi UNINUS Bandung. Tidak diterbitkan.

Ridwan. Ketercapaian-prestasi-belajar. [Online]. Tersedia: http://ridwan202.-wordpress.com/2008/05/03

Ruseffendi, ET (1994). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press.

Slavin, Robert E (2009). Cooperative Learning. Cetakan ketiga. Terj. Lita. Bandung: Nusa Media.

Suderadjat Heri (2003). Pendidikan Berbasis Luas (BBE) yang Berorientasi pada Kecakapan Hidup (Life Skill). Bandung. CV. Cipta Cekas Grafika

Shadiq, Fadjar (2009). Model-Model Pembelajaran SMP. Yogyakarta: Depdiknas

Sulastri. (2005). Implementasi Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada Pembelajaran Fungsi dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Skripsi UNINUS Bandung. Tidak diterbitkan.

Supinah (2009). Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Modul Matematika. Depdiknas.

Yusuf, Ali (2007). Penggunaan Model Quantum Teaching Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika. Skripsi UNINUS Bandung. Tidak diterbitkan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.