MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG JENIS-JENIS BATUAN PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DI KELAS VII C SMPN 1 BAREGBEG KECAMATAN BAREGBEG KABUPATEN CIAMIS

Tati Harkati

Abstract

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) merupakan penelitian yang dilakukan oleh guru yang mengajar suatu kelas dan setelah kegiatan mengajar guru melakukan refleksi diri dengan tujuan untuk meningkatkan, memperbaiki kinerjanya, sehingga hasil belajar siswa meningkat. Hasil penelitian ini yaitu Perencanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw perencanaan yang menunjukkan pembelajaran yang inovatip dan terpadu sehingga RPPnya harus disesuaikan dengan waktu yang tersedia dan alat penilaian yang cukup; Motivasi siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw meningkat dilihat dari aktifitas siswa selama proses pembelajaran cukup antusias dan senang (gembira) hasilnya pun baik; Pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran materi lebih lama diingat oleh anak; Pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi jenis-jenis batuan.Kata Kunci: Kooferatif JIGSAW, Peningkatan Pemahaman dan IPS

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja. Rosdakarya. Bandung.

A.M, Sardiman.2006. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Hamalik Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Anton, M. Moeliono. 1993. Tata Bahasa Indonesia Baku Indonesia. Jakarta: Perum Balai Pustaka.

Nana Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya

Ali, Muhammad. 2000. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Amani

Azwar, S. 2000. Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ronnie M. Dani, 2005. Seni Mengajar dengan Hati. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Ahmad Azhari 2003, Supervisi Rencana. Program Pembelajaran, Jakarta, Rian. Putra.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.