MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG BESARAN DAN SATUAN PADA PELAJARAN FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI KELAS VII C SMP N 1 BAREGBEG KECAMATAN BAREGBEG KABUPATEN CIAMIS

TUTI MARLINA

Abstract

Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching, subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VII C SMP N 1 Baregbeg Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis jumlah siswa 34 orang, yang terdiri dari 18 orang siswi perempuan dan 16 orang siswa laki-laki. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument pembelajaran dan instrument pengumpulan data. Berdasarkan analisis dari data hasil tes setiap siklus. Hasil belajar mengalami peningkatan yang positif dari sebelumnya. Berdasarkan hasil angket, sebagian besar siswa merespon yang positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Dan berdasarkan wawancara dengan siswa sebagian siswa lebih senang belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Hal ini dapat terlihat dari jawaban – jawaban yang diberikan siswa pada saat wawancara. Dari siswa yang tadinya tidak menyukai Ilmu Pengetahuan Alam setelah belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching anak menjadi suka Ilmu Pengetahuan Alam.Kata Kunci: Meningkatkan Prestasi Belajar, Besaran dan Satuan, Quantum Teaching, Fisika

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Ahmad Tafsir. 2008. Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. Bandung: Maestro.

AG. Pringgodigdo dkk. 1993. Ensiklopedi Umum, Yogyakarta : Yayasan Kanisuius

Arsyad, Azhar. 1997. Media Pengajaran. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa

Bobby De Porter. 2003. Quantum Teaching, Terjemahan oleh Ary Nilandari Cet. XI. Bandung : Kaifa

Dave Maier. 2001. Accelerated Learning (Cet.I), terjemahan oleh Astuti. Bandung : Kaifa

Depdiknas, 2006. Standar Kompetensi mata pelajaran IPA SMP. Jakarta

Goleman, Daniel. 2000. Emotional Intelligence (terjemahan). Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama.

Gordon Dryden. 2004. Revolusi Cara Belajar. Terjemahan Ari Nilandari Cet. VIII : Bandung: Kaifa

Joni , T. R. 1992. Pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif. Jakarta : Universitas Terbuka

Kathy Wagone. 2004. Seni Meraih Sukses Sederhana, terjemahan oleh Arman Prayitno. Batam : Interaksara

Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Noelle C. Nelson, Jeannine L. Calaba, 2005. The Power of Appreciation. Terjemahan oleh Yulianto Rahmat. Jakarta: Buana Ilmu Populer

Rahadi, Aristo. 2004. Media dalam Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Suharsimi Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Susilana, Rudi & Riyana, Cepi. 2007. Media Pembelajaran : Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian, Bandung : Wacana Prima.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.