PENGARUH PROMOTION WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PHONE CELL ANDROID

Resi Raesita

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Promotion Word Of Mouthdan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi Pada Pemakaian Android Samsung di Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan korelasional dengan teknik survey. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Koefisien Korelasi, Koefisien Korelasi Berganda, Uji Koefisien Determinasi, UjiParsial (Uji t), UjiSignifikansi (Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Promotion Word Of Mouthberpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan besarnya pengaruh (r) = 0,624 yang berarti Promotion Word Of Mouth mempunyai korelasi yang tinggi terhadap Keputusan Pembelian, (KD) = 38,94%, sedangkan sisanya 61,06% dipengaruhi oleh faktor lain, dan uji signifikansi (uji t) sebesar thitung (7,530) > ttabel (1,671). Citra Merek berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan besarnya pengaruh (r) = 0,647, (KD) = 41,86%, sedangkan sisanya 58,14% dipengaruhi oleh faktor lain, uji signifikansi (uji t) sebesar thitung(7,964) > ttabel (1,671). Promotion Word Of Mouth dan Citra Merek secara bersama-sama berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan persamaan regresi linier berganda sebesar Y= 14,64 – 0,110 X1 + 0,513 X2 dan uji signifikansi (uji F) Fhitung sebesar (201,78) > Ftabel sebesar (3,10).

Full Text:

PDF

References


A. Surachman S. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Merek. Malang: Bayumedia Publishing.

Ali. Hasan.2010 . Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta : Media Pressindo.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

Fandy Tjiptono, Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality & Satisfaction edisi 3. Jakarta : Andi.

Fandy Tjiptono. 2005. Pemasaran Jasa, Bayu Media Malang.

Kertajaya, Hermawan. 2010. Brand Operation. Jakarta. Erlangga.

Kennedy, John. E; R Dermawan Soemanagara. 2006. Marketing CommunicationTaktik dan Strategi. Jakarta. PT Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia).

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, implementasi, dan pengendalian,buku satu.Terjemahan A.B Susanto. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Keller. 2007. Manajemen Pemasaran 1. Edisi keduabelas. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. “Principle of Marketing”. New Jersey: Prentice Hall. Inc.

Kotler, Keller. 2009. “Manajemen Pemasaran”. Edisi Ke 13, Jilid 1 &

, PT. Indeks. Jakarta.

Kotler, P & Keller, K.L. 2012. Marketing Management (14th ed.), Pearson Internasional Edtion, New Jersey: Prentice Hall.

Mc Daniel, Carl dan Rogers Gates. 2001. “Riset Pemasaran Kontemporer”. Jakarta. Salemba Empat.

Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang Pressindo.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior. Perilaku konsumen dan Strategi Pemasaran. Jilid 2. Edisi 4. Diterjemahkan oleh: Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen, CAPS (Center Of Academy Publishing Service). Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Bayu Media Publishing.

Umar, Husein. 2002. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Umar, Husein. 2003. Metode Riset Bisnis. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v2i1.1129

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v2i1.1129.g1028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment





Ekonologi indexed by:
_________________________________________________________________________________________________

Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. RE. Martadinata No. 150 Baregbeg Ciamis Jawa Barat - Indonesia
Telp/Fax: 0265-772060 e-mail: jurnalekonologi@unigal.a.c.id; web: http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi
ISSN 2355-6099 (Print) : ISSN 2620-6188 (Online)
Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.