ANALISIS EXPANDING LINE TOTAL MARKET DAN DEFENDING MARKET SHARE DALAM MEMPERTAHANKAN POSISI MARKET LEADER

Juliana Juliana

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Analisis Expanding Line Total Market dan Defending Market Share dalam Mempertahankan Posisi Market Leader (Suatu Studi pada Asia Tasikmalaya). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara, studi pustaka, observasi dan triangulasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis reduksi data, data display, dan penarikan simpulan/verivikasi. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa:1]. Asia Plaza melakukan strategi expanding line total market untuk mempertahankan posisinya sebagai market leader. Bentuk expanding line total market itu sendiri dilakukan dengan mencari konsumen dan pelanggan baru, mencari kegunaan lebih dari suatu produk di Asia Plaza, dan menjaring konsumen agar lebih banyak atau lebih sering menggunakan produk-produk dari Asia Plaza; 2]. Asia Plaza melakukan strategi defending market share dalam mempertahankan posisi market leader dengan melakukan pertahanan posisi, pertahanan menyamping, pertahanan aktif mendahului, serta pertahanan serangan balik; 3]. Asia Plaza melakukan strategi expanding line total market dan defending market share dalam mempertahankan posisi market leader agar Asia Plaza tetap menjadi nomor satu di Priangan Timur.

References


Afnina, S.E., Msi. 2015. Peranan Strategi Pemasaran untuk Menentukan Posisi Produk dalam Mempertahankan Pangsa Pasar Minyak Kelapa Sawit pada PT. Perkebunan Nusantara IV(Persero) Medan, Vol. satu, No. dua. (online),(http://www.jurnalmudiraindure.com, diakses 18 Februari 2017, 09:24 WIB)

Buchory, Hery Achmad S.E, M.M,Dr. dan Drs. Djaslim Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran (Teori, Aplikasi, dan Tanya Jawab). Bandung: Linda Karya.

Budianto, M.M., Dr. Apri. 2015. Manajemen Pemasaran, Edisi Revisi. Yogyakarta: Ombak.

Darmawan, Dwi Putra dan Ida Bagus Widia. Strategi PT. Nanda Bangun Nusa untuk Mempertahankan Posisinya Sebagai Market Leader dalam Agribisnis Pertamanan Hotel Berbintang Lima di Bali. (Online)(http://www.docs-engine.com, diakses 2 Maret 2017, 03:00 WIB).

Hariwijaya, M. 2007. Metodologi dan Teknik Penulisan Skripsi, Tesis, dan Desertasi. Yogyakarta: Elmatera Publishing.

Heizer, J dan Render, B. 2011. Operations Management, Tenth Editions. USA, New Jersey: Pearson.

Irham, Fahmi. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke 12 Jilid dua. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran (Edisi 13, Jilid satu). Bandung: Erlangga.

Lembaga Administrasi Negara RI. 2006. Manajemen Perkantoran Modern, Modul Pendidikan dan Pelatihan Pra Jabatan Golongan Tiga.

Manullang, M. dan Marihot Amh Manullang. 2011. Manajemen Personalia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Martono dan Agus Harjito. 2010. Manajemen Keuangna (Edisi tiga). Yogyakarta: Ekonisia.

Riduwan, MBA, Drs., Drs. Sunarto, Msi. 2007. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Riyanto, Prof. Dr. Bambang. 2008. Dasar-Dasar Perbelanjaan Perusahaan (Edisi Empat). Yogyakarta: BFPE-Yogyakarta.

Robbins, Stephen P dan Mary Coulter. 2010. Manajemen (Edisi 10). Bandung: Erlangga.

Sa’adah, Neni Humairoh. 2009. Manajemen Personalia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. (Online)(http://www.docs-engine.com), diakses 2 Maret 2017, 02:27 WIB).

Solihin, Ismail. 2009. Pengantar Manajemen, Jakarta : Erlangga.

Sugiyono, Prof. Dr, . 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukotjo, Hendri dan Sumanti Radix A. 2010. Jurnal Analisa Marketing Mix 7P(Product, Price, Promotion, Place, Participant, Process, Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya, Vol. 1, No. 2.

Sumarsan, Thomas, S.E.,M.M,. 2013. Sistem Pengendalian Manajemen (Edisi dua). Jakarta: Indeks.

Tjiptono, Fandy, Ph.D. 2015. Strategi Pemasaran Edisi Empat. Yogyakarta: Andi.

Torang, Syamsir, Dr. 2015. Organisasi dan Manajemen. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v4i2.1159

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v4i2.1159.g1054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment





Ekonologi indexed by:
_________________________________________________________________________________________________

Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. RE. Martadinata No. 150 Baregbeg Ciamis Jawa Barat - Indonesia
Telp/Fax: 0265-772060 e-mail: jurnalekonologi@unigal.a.c.id; web: http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi
ISSN 2355-6099 (Print) : ISSN 2620-6188 (Online)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.