PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPETENSI, DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU

Wiwin Setianigsih, Mukhtar Abdul Kader

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh disiplin kerja, kompetensi dan kompensasi terhadap kinerja guru di SMK Taruna Bangsa Ciamis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kinerja guru yang belum optimal yang disebabkan disiplin kerja yang belum optimal, kompetensi perlu di tingkatkan dan jeleknya sistem kompensasi yang berdampak pada Kinerja guru. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dan survei eksplanatori dengan teknik pengumpulan data wawancara, kuesioner dan observasi. Hasil penelitian kepada 59 responden ini menunjukkan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, artinya kinerja guru dipengaruhi oleh disiplin kerja, dalam hal ini jika disiplin kerja tinggi maka kinerja guru akan tinggi, kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Artinya kinerja guru dipengaruhi oleh kompetensi guru, dalam hal ini jika kompetensi guru tinggi maka kinerja guru tinggi, kompensasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja guru. Artinya kinerja guru dipengaruhi oleh kompensasi namun pengaruhnya perlu ditingkatkan. Dalam hal ini semakin tinggi kompensasi guru maka akan semakin tinggi kinerja guru. secara simultan disiplin kerja, kompetensi dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Yang akhirnya bahwa apabila disiplin kerja, kompetensi dan kompensasi tinggi maka kinerja guru pun akan tinggi.

Full Text:

PDF

References


Darna, N., Kusman, M., & Kader, M. A. (2017). The Influence of. https://doi.org/10.3923/jeasci.2017.259.268

Hasibuan, M.S.P. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Mastuhu (2003). Sistem nasional pendidikan visioner. Jakarta: Lentera Hati.

Sagala, S. (2009). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: CV. ALFABETA.

Sinungan, M. (2003). Produktivitas: Apa dan bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Syuhadhak, M. (1994). Administrasi kepegawaian negara: Teori dan praktek penyelenggaraannya di Indonesia. Jakarta: Gunung Agung.

Umar, H. (2005). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. Jakarta: Rajagrafindo.

Wirawan. (2002). Profesi dan standar evaluasi. Jakarta: Rajagrafindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v5i2.1761

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v5i2.1761.g1425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Ekonologi indexed by:
_________________________________________________________________________________________________

Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. RE. Martadinata No. 150 Baregbeg Ciamis Jawa Barat - Indonesia
Telp/Fax: 0265-772060 e-mail: jurnalekonologi@unigal.a.c.id; web: http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi
ISSN 2355-6099 (Print) : ISSN 2620-6188 (Online)
Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.