PROSES REKRUITMEN DALAM MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI

Aldi Prayoga Wiyatna, Kasman Kasman

Abstract


Penelitian tentang Proses Rekruitmen dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi dilakukan pada PT.Daya Anugerah Mandiri (Daya Motor Ciamis). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana proses rekruitmen karyawan di PT. Daya Anugerah Mandiri (Daya Ciamis)?; 2) Bagaimana kinerja organisasi di PT. Daya Anugerah Mandiri (Daya Motor Ciamis)?; 3) Bagaimana rekriutmen karyawan dalam meningkatkan kinerja organisasi di PT. Daya Anugerah Mandiri (Daya Motor Ciamis)? . Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Untuk mengetahui 1) Bagaimana proses rekruitmen karyawan di PT. Daya Anugerah Mandiri (Daya Motor Ciamis); 2) Untuk mengetahui bagaimana kinerja organisasi di PT. Daya Anugerah Mandiri (Daya Motor Ciamis) ; 3) Untuk mengetahui bagaimana rekruitmen karyawan dalam meningkatkan kinerja organisasi di di PT. Daya Anugerah Mandiri (Daya Motor Ciamis). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, penfamatan/obsevasi dokumentasi, studi kepustakaan dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan Reduksi Data, Display Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1)Proses rekruitmen di perusahan PT.Daya Anugerah Mandiri Ciamis (Daya Motor) dilakukan beberapa tahapan-tahapan dalam melaksanakan rekruitment di yaitu dilakukannya penyeleksian surat lamaran yang masuk ke perusahaan, setelah lulus dari proses penyeleksian lalu masuk ke tahap selanjutnya melakukan interview dengan calon karyawan yang sesuai klasifikasi kebutuhan perusahaan dan tahap terakhir setelah lulus menjadi karyawan yaitu dengan melakukan training sesuai dengan keahliannya. (2)Kinerja organisasi di PT. Daya Anugerah Mandiri sudah berjalan sangat baik dan sesuai dengan apa yang menjadi harapan perusahaan, dilihat dari segi penjualan sepeda motor dan pelayanan service yang terus meningkat.Karena perusahaan selalu melakukan evaluasi rutin untuk meningkatkan kinerja organisasi perusahaannya. (3)Proses rekruitmen sudah berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi di PT. Daya Anugerah Mandiri Ciamis (Daya Motor).

Keywords


Proses Rekruitmen; Kinerja Organisasi

Full Text:

PDF

References


Aditama, Pria Bintang. dan Widowati, N. Analisis Kinerja Organisasi Pada Kantor Kecamatan Blora. Tersedia : http:/www.fisip.undip.ac.id.

Atmosudiro, Pradjudi. Hukum Administrasi Negara. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Bastian, Indra. 2001. Akintansi Sektor Publik di Indonesia. Yogyakarta : BPFE UGM.

Hasibuan, Malayu. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Edisi Revisi. Bumi Aksara, Jakarta

Iskarim, Mochamad. 2017. Rekrutmen Pegawai Menuju Kinerja Organisasi yang Berkualitas dalam Perspektif MSDM dan Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 2, Nomor 2, November 2017/1439.

Juni Priansa, Donni. 2016. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung : Edisi Kedua. CV. Alfabeta.

Laela, Fatma. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Organisasi Pengelola Zakat. Islamic Finance & Business Review. Vol. 5 No.2 Agustus– Desember 2010.

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mooney, D. James. 2006. Konsep Pengembangan Organisasi Publik. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Notoatmodjo, Soekdjo. 2003. Pendidikan dan Prilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Samsudin, Sadili. 2010. Manajemen sumber Daya Manusia. Bandung.: Pusaka Setia

Setiadi, Yadi. 2015. Pengaruh Total Quality Management dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Organisasi. Skripsi pada Program Studi Manajemen FE Unigal. Tidak diterbitkan.

Setiani, Baiq. 2013. Kajian Sumber Daya Manusia Dalam Proses Rekruitmen Tenaga Kerja di Perusahaan. Volume 1 Nomor 1 Mei-Juni 2013.

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : STIE YKPN.

Sobandi, Baban dkk. 2006. Desentralisasi dan Tuntutan Penataan Kelembagaan Daerah. Bandung.

Sri Widiastuti dan Nur Rohman Muktini. 2010. Peningkatan Motivasi dan Keterampilan. Jurnal Pendidikan Indonesia. Volume 7 Nomor 1 Halaman 47-59.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian. Bandung. Edisi 23. CV. Alfabeta.

Suparwati, M. 2012. Studi Fenomologi : Pengalaman Kepala Ruang Dalam Mengelola Ruang kesehatan. Tesis Magister Universitas Indonesia. Depok.

Surjadi. 2009. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Refika Aditama.

Yullyanty, Ellyta. 2009. Analisis Proses Rekruitmen dan Seleksi pada Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Volume 16, Nomor 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.2827/ekonologi.v6i2.2980

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.2827/ekonologi.v6i2.2980.g2642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Ekonologi indexed by:
_________________________________________________________________________________________________

Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. RE. Martadinata No. 150 Baregbeg Ciamis Jawa Barat - Indonesia
Telp/Fax: 0265-772060 e-mail: jurnalekonologi@unigal.a.c.id; web: http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi
ISSN 2355-6099 (Print) : ISSN 2620-6188 (Online)
Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.