Impelementasi Kompetensi Manejerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Habib Munazar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kompetensi manajerial Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja Guru di MI Negeri 6 Tasikmalaya dan MIS Sukajadi Kabupaten Tasikmalaya. Penelitain ini mengunakan pendekatan kualitatif hal ini berkaitan dengan focus permaslahan yang di bahas yaitu perililaku manusia, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa a) Kemampuan manajerial kepala sekolah dalam perencanaan menciptakan sekolah efektif sesuai dengan kriteria sekolah efektif dan efesien, b) Kemampuan manajerial kepala sekolah dalam Pengorganisasian sekolah efektif sesuai prosedur, c) Kemampuan majaerial kepala sekolah dalam Penggerakan menciptakan sekolah efektif dan efesien juga sudah berjalan dengan baik., d) Kemampuan manajerial Pengendalian atau pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam menciptakan sekolah efektif dengan melakukan monitoring dan evaluasi. Dalam meningkatkan kinerja guru kepal MI Negeri 6 MI Negeri 6 dan MIS Sukajadi di Kabupaten Tasikmalaya mengealmi hambatan-hambatan seperti masih adanya kualifikasi guru yang kurang sesui dengan yang di persaratkan, masih adanya tingkat kopetensi guru yang belum sesuai dengan setandar kopetensi yang di tetapkan, masih adanya ketidaksesuiayan guru dalam bidang keahlianya, masih adanya pola pembagian jam mengajar yang tidak seimbang. Upaya untuk mengatasi berbagi hambatan-hambatan dalam meningkatkan kinerja guru sudah di lakukan upaya yang baik seperti meningkatkan kualifikasi guru sesui denagn yang dipersaratkan, meningkatakn kopetensi guru sesui denagan setanadar kompetensi yang ditetapkan, melaksanakan pola pembagian jam mengajar.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abdul Wahid, (2016). Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru (Setudi kasus di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pancasila 8 Slogohimo Wonogiri). Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: PPs IAIN Surakarta.

Bafadal, I. (2008). Supervisi pendidikan.

Enas, dkk (2015). Pedoman Penulisan Usul Penelitian Penulisan Tesis & Artikel Ilmiah Peogram Pasaca Sarjana Universitas Galuh Ciamis.

Herlina, E. (2017). Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Model Kerjasama Usaha Menengah Kecil Dan Mikro Dengan Usaha Besar Di Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 1(1), 71-81.

Moleong, Lexy, (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, cet ke-VII.

Yamin, Mohamad, (2013). Idologi Kebijkan Pendidikan. Malang: Madani.

Zainal Aqib. (2002). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Cendikia.

_______, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah dan Madrasah.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i1.18316

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v2i1.1831

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v2i1.1831.g15104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar