Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesional Guru

Yuliantini Fitriatin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan situasional kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru di SDN 1 Babakan Kabupaten Pangandaran. Penelitian menggunakan metode deskripsi kualitatif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian, dimana pengumpulan data untuk mengetes pertanyaan penelitian yang berkaitan dengan keadan dan kejadian sekarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara; 1) Wawancara, 2) Pengamatan (observation). Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan situasional Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesional guru terlihat dari indikator kemauan (willingness) dan kemampuan (ability). Kepala Sekolah dalam berperan merumuskan suatu program dan aktif dalam setiap kegiatan sekolah, beliau bertindak sebagai inisiator dan motivator bagi rekan-rekan guru salah satunya dalam merumuskan program. Kepala Sekolah juga selalu melibatkan bawahan dalam suatu kegiatan baik saat melakukan rencana kegiatan sampai dengan pelaksana program yang telah direncanakan. Hambatan adalah jika ada guru yang tidak sependapat atau sejalan dengan program yang dibuat oleh kepala sekolah. Upaya yang dilakukan dengan bertindak tegas dalam setiap pengambilan keputusan, membagi tugas aktifitas yang fungsinya membantu tugas Kepala Sekolah. Peneliti memberikan rekomendasi untuk menghindari terulang kembalinya hambatan yang ditemukan sebaiknya Kepala Sekolah lebih memahami lagi karakter setiap individu yang ada.

Keywords


Kepemimpinan Situasional; Profesional Guru

Full Text:

PDF

References


Firmansyah, F., Syarifudin, D., & Rohjan, J. The Risk Assessment of Multi Hazard Area: A Case of Mitigation Consider in Spatial Planning of Bukittinggi City. Indonesian Journal of Geography, 51(3), 304-323.

Hersey, P., & Blanchard, K. H. (1969). Life cycle theory of leadership. Training & Development Journal.

Hersey, P., Blanchard, K. H., & Johnson, D. E. (2007). Management of organizational behavior (Vol. 9). Upper Saddle River, NJ: Prentice hall.

Hersey, Paul dan Kenneth. 2013. Kepemimpinan Birokrasi, Terjemahaan Harbani Pasolong. Bandung: Alfabeta.

Husaini, Usman. 2012. Kepemimpinan Pendidikan Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press.

Irwansyah, I. (2017). Strategi komunikasi humas direktorat jenderal pajak melalui program pengampunan pajak (tax amnesty): studi kasus pada humas direktorat jenderal pajak (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Lukum, A. (2015). Evaluasi program pembelajaran IPA SMP menggunakan model countenance stake. Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan, 19(1), 25-37.

Mulyatini, N., Herlina, E., Faridah, E., & Rozak, D. A. (2020). Human Capital Management Model: A Perspective of Internal Supervision In Indonesia. Journal of Talent Development and Excellence, 12(1), 1860-1868.

Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan. Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Setyawati, Y. C. Analisis penerapan production sharing pada retribusi pelayanan persampahan dan kebersihan kategori rumah tangga serta kontribusinya terhadap pendapatan asli daerah kota Surakarta.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode penelitian pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Graha Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional.

Usman, H., & Raharjo, N. E. (2012). Model Pendidikan Karakter Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(2).

Wahab, A. A. (2008). Anatomi organisasi dan kepemimpinan pendidikan:(telaah terhadap organisasi dan pengelolaan organisasi pendidikan). Alfabeta.

Wahab, Abdul Aziz. 2008. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: CV Alfabeta.

WIDIYATMOKO, F. A., & HUDAH, M. (2017). Evaluasi Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Penjas. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran), 3(2).




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i2.43574

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i2.4357

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i2.4357.g34399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar