Implementasi Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik

Yayat Ruhiyat

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi bahwa guru  yang mempunyai kemampuan profesional berarti  yang bersangkutan dapat melaksanakan proses pembelajaran secara efektif dan efisien. Satuan pendidikan yang berkualitas dipengaruhi berbagai faktor, termasuk di dalamnya adalah layanan pendidikannya kepada para siswa. Layanan pokok pendidikan adalah layanan pembelajaran. Layanan pembelajaran yang berkualitas dimaksudkan agar prestasi belajar siswa dapat terwujud dengan optimal. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data, sajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, pengawas, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  1) Implementasi kompetensi profesional guru di SMP Negeri 1 Cijulang dan SMP Negeri 2 Cijulang Kabupaten Pangandaran ditinjau dari aspek  yang diteliti telah diimplementasikan guru dengan baik sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik; 2) Adanya berbagai hambatan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan kompetensi profesional untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Cijulang dan SMP Negeri 2 Cijulang Kabupaten Pangandaran; 3) adanya berbagai upaya yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan kompetensi profesional untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Cijulang dan SMP Negeri 2 Cijulang Kabupaten Pangandaran.

Keywords


Kompetensi Profesional Guru; Prestasi Belajar Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Depdikbud, 1995, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas, 2014. Manajemen Mutu Berbasais Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Djam’an Satori. 2011. Prestasi Kerja Guru. Tersedia pada http://www.guruvalah.tk.

Miles, Mathew. B dan Huberman, A. Michael. 2007. Qualitative Data Analysis. Beverly Hills: Sage Publications.

Moleong, Lexy, J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Muhaimin. 2014. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam:Pemberdayaan, Pengembangan. Jakarta: Galia.

Mulyasa. 2009. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2007. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Surya, M. 2014. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung : Pustaka Bani Quraisi.

Tarigan, D. 2006. Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Kalor dan Perpindahannya (online). Tersedia : http://sps.upi.edu.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru Dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Widodo, Slamet. 2011. Meningkatkan Produktivitas Sekolah. Tersedia http://media.diknas.go.id// (Akses tanggal 2 Desember 2019).




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i2.43661

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i2.4366

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i2.4366.g34449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar