Peran Pengawas dalam Meningkatkan Kemampuan Profesional Guru

Ecin Kuraesin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil uji komptensi guru TK di Lembaga TK Gugus I Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis diperoleh nilai UKG masih rendah jika dibandingkan dengan skor minimal sebesar 60. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui peran pengawas dalam meningkatkan kemampuan profesional guru TK; 2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan pengawas dalam meningkatkan kemampuan profesional guru TK; 3) Untuk mengetahui upaya-upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan pengawas dalam meningkatkan kemampuan profesional guru TK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Alat pengumpul data melalui observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Teknik analisis data secara interaktif melalui proses reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan pengambilan keputusan (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengawas belum optimal dalam meningkatkan kemampuan profesional guru TK karena pengawas belum optimal dalam mengamati, mengatur, mengontrol dan mengevaluasi guru dalam proses pembelajaran. 2) Adanya hambatan-hambatan pengawas dalam meningkatkan kemampuan profesional guru TK karena kurangnya peran aktif dari kepala sekolah maupun guru dalam mengikuti kegiatan supervisi yang dilakukan oleh pengawas. 3) Adanya upaya-upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan pengawas dalam meningkatkan kemampuan profesional guru hal ini dilakukan dengan meningkatkan peran aktif dari kepala sekolah maupun guru dalam mengikuti kegiatan supervisi yang dilakukan oleh pengawas dalam memperbaiki permasalahan yang dihadapi oleh guru.

Keywords


Pengawas; Kemampuan Profesional Guru TK

Full Text:

PDF

References


Hendarman. 2015. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Indeks.

Komariah dan Djama'an Satori. 2014. Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabetha.

Sagala. 2012. Supervisi Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sahertian. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam rangka Pengembanagan Sumber daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutisna. 1998. Administrasi Pendidikan Dasar Teori untuk Profesional. Bandung : Angkasa.

Uno, Hamzah B. 2009. Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang. Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 tahun 2007 tentang Penugasan Guru

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v4i1.43808

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4380

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v4i1.4380.g34494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar