Implementasi Manajemen Pelatih Renang di Club Ciamis Aquatic

Susilawati Susilawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan bagaimana implementasi manajemen pelatih renang di Club Ciamis Aquatic. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah CIPP Model. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif non statistik, dimana komponen reduksi data dan sajian data dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data setelah data terkumpul, maka tiga komponen analisis (reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan) berinteraksi. Hasil dari penelitian tidak ada perbedaan yang signifikan antara pengelolaan manajemen pemusatan latihan renang di Klub Ciamis Aquatic dengan tingkat kualitas layanan di Klub Renang lainnya. Untuk pengelola manajemen hasil presentase 77% dalam kategori baik, sedangkan tingkat kualitas layanan jasa 74% dalam kategori. Semua masih dalam kategori baik, karena nilai dalam kategori baik yaitu 60% s.d. 80%. Bagi pelatih dan pengurus Club Aquatic Ciamis dapat mengetahui dan membantu mengatasi segala hambatan yang dihadapi atlet untuk dapat mewujudkan prestasi optimal. Pelatih sebagai orang yang dekat dengan atlet sebaiknya mengetahui hambatan yang dialami oleh atlet selama latihan maupun perlombaan. Sehingga pelatih dapat langsung mengatasi dengan pembinaan dan pengurus yang terkait.

Keywords


Implementasi; Manajemen Pelatih Renang; Club Aquatic

Full Text:

PDF

References


Aisyah, M. S., & Ariefiantoro, T. (2019). Analisis Disiplin Kerja Pada Sales Promotion Girl (SPG) Dan Sales Promotion Boy (SPB)(Studi kasus pada MDS Paragon Semarang). Solusi, 17(3).

Dirjen Olahraga Depdiknas. 2002. Pedoman Mekanisme Koordinasi Pembinaan Olahraga kesegaran Jasmani dan kelembagaan Olahraga. Jakarta : Deptidknas.

Harsono. 2000. Coaching dan Aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Herlina, E., Yuliani, D., Kader, M. A., & Syarifudin, D. (2018). Peningkatan Produktifitas Kerajinan Lidi Berbasis Pendampingan Desain dan Pemasaran Online. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 8(2), 25-39.

Irwansyah, I. (2017). Strategi komunikasi humas direktorat jenderal pajak melalui program pengampunan pajak (tax amnesty): studi kasus pada humas direktorat jenderal pajak (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

KONI. 1997. Pedoman Pembentukan dan Pembinaan Klub Olahraga. Jakarta : Koni Pusat.

Mangkunegara, A. A. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.

Sahertian, P. A. (2000). Konsep dasar & teknik supervisi pendidikan: dalam rangka pengembangan sumber daya manusia. Penerbit Rineka Cipta.

Siregar. M.F. 2007. Pedoman Pembentukan dan Pembinaan Olahraga Prestasi. Jakarta : KONI.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta Bandung.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode penelitian pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang No. 3 Tahun 2005. Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta.

Wawan S. Suherman. 2002. Manajemen Olahraga. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY.

Zulfikar, A. (2016). The Use Of Portfolio To Improve Students’writing Skill On Descriptive Text”(A Classroom Action Research at the Eleventh Grade Students of SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar in 2015/2016 Academic Year). Karya Ilmiah Mahasiswa Progdi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP, 2(2).




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v4i1.43865

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4386

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v4i1.4386.g34540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar