ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH NOMOR 05 TENTANG AKUNTANSI PERSEDIAAN PERANANNYA DALAM MENINGKATKAN INTERNAL CONTROL PERSEDIAAN PADA DINAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN KABUPATEN CIAMIS

Dede Abdul Rozak

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Analisis Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan Nomor 05 tentang Akuntansi Persediaan Peranannya dalam Meningkatkan Internal Control Persediaan (Suatu studi pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1] Bagaimana penerapan akuntansi persediaan pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis? 2] Bagaimana internal control atas pengadaan persediaan habis pakai dan racun hama pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis? 3] Bagaimana peranan penerapan akuntansi persediaan dalam meningkatkan internal control persediaan pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis? Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian deskriptif dengan teknik analisis deskriptif. Untuk menganalisis data yang diperoleh dilakukan analisis deskriptif mengenai penerapan PSAP No 05 dan internal control persediaan di Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis dengan teori yang baku, dan menganalisis penerapan PSAP No 05 dengan internal control persediaan sehingga dapat ditarik kesimpulan apakah penerapan PSAP No 05 tentang akuntansi persediaan berperan dalam meningkatkan internal control persediaan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan Nomor 05 tentang akuntansi persediaan telah diterapkan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis. Hal ini dilihat dari pengakuan, pengukuran dan penyajian yang sesuai dengan PSAP No 05. Internal Control persediaan telah dilakukan dengan baik, hal ini terlihat dari lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pemantauan telah dilakukan. Serta Penerapan PSAP No 05 tentang akuntansi persediaan berperan dalam meningkatkan internal control persediaan.

Full Text:

PDF

References


Agoes, S. 2012. Auditing. Jakarta: Salemba Empat.

Apip, M & Akbar, DS. 2013. Diktat Pengantar Akuntansi II. Ciamis: Universitas Galuh.

Baridwan, Z. 2000. Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE.

Baridwan, Z. 2001. Sistem Akuntansi. Yogyakarta: BPFE.

Hamizar, NM. 2008. Akuntansi intermediate. Jakarta: CV Fajar.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2004. Standar Akuntaansi Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Jusup, AH. 2005. Dasar-Dasar akuntansi. Yogyakarta: BPSTIE.

Komite Standar Akuntansi Pemerintahan. 2010. Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan. Jakarta: Salemba Empat.

Komite Standar Akuntansi Pemerintahan. 2007. Modul Pelatihan Standar Akuntansi Pemerintahan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Niswonger, W & Reeve, F. 2006. Prinsip-Prinsip Akuntansi. Dialihbahasakan oleh Sirait, A dan Gunawan, H. Jakarta: Erlangga.

Nordiawan, D dkk. 2008. Akuntansi Pemerintahan. Jakarta: Salemba Empat.

Rahmat. 2011. Akuntansi Pemerintahan. Bandung: Pustaka Setia.

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 17 Tahun 2007 Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Daerah. Jakarta.

Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Jakarta.

Tuanakotta, TM. 2001. Petunjuk Pemeriksaan Akuntan Publik. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwr.v2i2.1369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dede Abdul Rozak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.