PERANAN SOSIALISASI PERPAJAKAN DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK

Ati Rosliyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran sosialisasi perpajakan dalam meningkatkan penerimaan pajak yang dilakukan oleh KPP Pratama Kabupaten Ciamis. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survey. Sementara itu teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap aparatur KPP Pratama Kabupaten Ciamis. Hasil penelitian menunjukan bahwa sosialisasi perpajakan yang dilakukan KPP Pratama Ciamis baik langsung maupun tidak langsung sudah dikelola dengan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan terealisasinya kegiatan sosialisasi perpajakan tersebut. Sementara itu penerimaan pajak pada KPP Pratama Ciamis jika dilihat dari realisasi penerimaan pajak, KPP Pratama Ciamis sudah berjalan dengan baik seiring dengan terus meningkatnya realisasi penerimaan pajak. Tetapi secara pencapaian masih belum baik, karena tidak bisa mencapai target penerimaan pajak pada setiap tahunnya dan lebih bersifat fluktuatif (naik turun). Sedangkan sosialisasi perpajakan berperan dalam meningkatkan penerimaan pajak pada KPP Pratama Ciamis. Artinya bahwa sosialisasi perpajakan yang telah dikelola dengan baik, dapat meningkatkan jumlah wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak. Dan peningkatan tersebut bisa dimaksimalkan oleh KPP Pratama Ciamis menjadi realisasi penerimaan pajak.

Full Text:

PDF

References


Andyastuti, dkk. 2013. Pengaruh Penyuluhan,Pelayanan, Pemeriksaan dan Sanksi Terhadap Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Orang Pribadi (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara). Malang: Universitas Brawijaya.

Chaizi, N. 2004. Reformasi Administrasi Publik, teori dan praktik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Gunadi. 2007. Akuntansi Pajak, Edisi Ketiga,Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Gramedia Wydia Sarana Indonesia.

Herryanto, M & Agus, AT. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kegiatan Sosialisasi Perpajakan dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan di KPP Pratama Surabaya Sawahan. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Ilyas, B. 2010. Hukum Pajak. Edisi lima. Jakarta: Salemba Empat.

John, H. 2007. Perpajakan: Isu-isu Kontemporer Yogyakarta:Graha Ilmu Karanta,Maria, Hakkan Malmer, Ingrid Munck, Gunnar Olsson. 2000. A Citizen’s Perspektive on Public Sector Performance and Service Delivery. Progress in Measurement and Modelling of Data from Swedish Taxpayers Survey.

Joko W. 2013. Dukungan Bagi Sosialisasi Pajak. Dikutip Melalui: http://news.detik.com/read/2013/11/18/154334/2416116/794/dukungan-bagi sosialisasi-pajak?nd771104bcj (22/11/2013)

Keputusan Direktur Jendral Pajak, PER - 03/PJ/2013 Tentang Pedoman Sosialisasi Perpajakan. 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwr.v3i1.1372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ati Rosliyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.