PENGARUH KEMAMPUAN PERSONAL PENGGUNA SISTEM INFORMASI TERHADAP KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (Studi Pada PLN Rayon Ciamis)

Eva Faridah, Rani Noviyanti

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Kemampuan Personal Pengguna Sistem Informasi Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi (Studi PLN Rayon Ciamis). Rumusan Masalah dalam penelitian ini meliputi: 1] Bagaimanakah kemampuan pemakai sistem informasi pada PLN Rayon Ciamis?; 2] Bagaimanakah kinerja sistem informasi akuntansi pada PLN Rayon Ciamis?; 3] Seberapa besar pengaruh kemampuan pengguna sistem informasi terhadap kinerja sistem informasi akuntansi pada PLN Rayon Ciamis? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1] Kemampuan pemakai sistem informasi pada PLN Rayon Ciamis; 2] Kinerja sistem informasi akuntansi pada PLN Rayon Ciamis; 3] Besarnya pengaruh kemampuan pengguna sistem informasi terhadap kinerja sistem informasi akuntansi pada PLN Rayon Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis dengan menggunakan Uji Signifikansi (Uji t). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: 1] Kemampuan Personal Pengguna Sistem Informasi pada PLN Rayon Ciamis sudah sangat baik, karena skor yang diperoleh dari hasil tanggapan responden adalah sebesar 1.378; 2] Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada PLN Rayon Ciamis sudah sangat baik. Karena skor yang diperoleh dari hasil tanggapan responden adalah sebesar 1.730; 3] kemampuan pengguna sistem informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sistem informasi akuntansi, dimana besarnya pengaruh adalah sebesar 49%, sedangkan sisanya di pengaruhi oleh faktor-faktor lain. Adapun saran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1] PLN Rayon Ciamis sebaiknya memberikan pelatihan lebih banyak lagi kepada para pengguna sistem informasi untuk dapat meningkatkan lagi keahlian (skill) dalam menggunakan sistem informasi yang ada; 2] PLN Rayon Ciamis sebaiknya memberikan motivasi lebih kepada para pengguna Sistem Informasi Akuntansi (SIA) agar pelaporan kepada PLN Pusat tepat waktu; 3] PLN Rayon Ciamis sebaiknya memberikan perhatian lebih terhadap kemampuan pengguna Sistem Informasi, karena dapat mempengaruhi terhadap kinerja Sistem Informasi Akuntansi (SIA).

Full Text:

PDF

References


Arens, Alvin A. Randal J. Elder & Mark S. Beasley. 2014. Auditing dan Jasa Assurance (terjemahan). Edisi kelimabelas. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bodnar, George H. & William S. Hopwood. 2012. Accounting Information Systems. Edisi 10. USA: Pearson Education.

Chin & Tod, P. 2015. On the Use, Usefullnes, And Easy of Use and User Acceptance of Information Technology. Journal of Management Information System Quartely. Vol 9, No 5.

Hall. A. James. 2013. Accounting Information Systems. Edisi ketiga. Terjemahan. Amir Abadi Yusuf. Jakarta: Salemba Empat.

Hamdan, M. 2012. Internal Success Factor of Hotel Occupancy Rate. International Journal of Business and Social Science 3 (November): 199-217.

Hary, G. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mepengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Di Tanjungpinang. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Jogiyanto. 2014. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Kameswara A. 2015. Pengaruh Keterkaitan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Kemampuan Pengetahuan Manajemen Sebagai Variabel Mediating (Penelitian Terhadap Perusahaan Perbankan di Karisidenan Surakarta). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Luciana, S. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada Bank Umum Pemerintah Di Wilayah Surabaya Dan Sidoarjo. Jurnal Akuntansi.

Mahsun, M. 2014. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyadi. 2012. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Nugerahamawati, Astuti. 2013. Pengaruh Partisipasi Pemakai Sistem Informasi, Kemampuan Pemakai Sistem Informasi, Ukuran Organisasi terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi dengan Kompleksitas Tugas sebagai Variabel Moderating (Studi pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten). Bandung: Universitas Pasundan.

Rahmawati, D. 2012. Media Pembelajaran Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: YKPN Yogyakarta.

Rivai, V. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Robbins, PS. 2013. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Soegiharto. 2012. Manajemen Kearsipan Modern. Yogyakarta: Gava Media.

Soemarso, SR. 2014. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat.

Sudirman. 2013. Pengaruh Implementasi Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) Terhadap KualitasI nformasi. Skripsi. Palu: Universitas Tadulako.

Susanto, A. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya.

Sutabri, T. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwr.v4i2.1391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Eva Faridah, Rani Noviyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.