PENGARUH KARAKTERISTIK ANGGARAN TERHADAP KINERJA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PANGANDARAN

Ati Rosliyati, Sulastri Ningsih Rahayu

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Karakteristik Anggaran terhadap Kinerja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Disparbud Kabupaten Pangandaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui Karakteristik anggaran yang diterapkan di Dinas Pariwisata dan Kebudayan (DISPARBUD) Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran; 2).Kinerja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (DISPARBUD) Pemerintah Daerah dalam pencapaian tujuan; 3).Besarnya pengaruh yang dihasilkan dari karakteristik anggaran terhadap kinerja Dinas Pariwisata dan Kebudayan (DISPARBUD) Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kuantitatif dengan teknik penyebaran kuesioner. Sedangkan unutuk menganalisis data data yang diperoleh digunakan analisis regresi sederhana, analisis koefisien korelasi, koefisien determinan dan uji hipotesis (uji t). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa karakteristik anggaran berpengaruh terhadap kinerja DISPARBUD dengan besar pengaruh dari perhitungan analisis regresi sederhana sebesar 11,58, perhitungan anlisis koefisien korelasi 0,86, koefisien determinan sebesar 73,96% dan uji hipotesis ( uji t) 6,30.

Full Text:

PDF

References


Alfian, SW & Sudaryati, D. 2015. Pengaruh Karakteristik Tujuan Anggaran Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. Vol. 16, No. 1.

Aknawal, HS. 2011. Pengaruh Karakteristik Tujuan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating Pada Pemerintah Kota Banda Aceh. Jurnal E-Mabis Fe Unimal, Vol. 12, No. 2.

Bastian, I. 2010. Akuntansi Sektor Publik Suatu Pengantar, Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga. Fadel. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Raja Grafindo Said.

Friyanty, I. 2016. Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Manajerial Aparat Pemerintahan. Jurnal Tekun, Vol. 7, No. 01.

Halim, A. 2008. Akuntansi Keuangan Daerah Edisi Revisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Halim, A & Kusufi, S. 2012. Akuntansi Sektor Publik: Akuntansi keuangan Daerah Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Mohamad, M. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Penerbit BPFE,Yogyakarta.

Mustopadidjaja. 2005. Manajemen Proses Kebijakan Publik (Formulasi, Implementasi dan Evaluasi Belajar), Jakarta: LAN & Duta Pertiwi Foundation.

Nafarin, M. 2007. Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Nordiawan, D & Hertianti, A. 2010. Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: Selemba Empat.

Rudianto. 2009. Penganggaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sardjito, B. Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah: Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi X.

Soemarso. 2009. Akuntansi Suatu Pengantar. Buku Ke 2. Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.

Srimindarti, C. 2009. Balance Scorecard Sebagai Alternative Untuk Mengukur Kinerja. Jurnal Forum Ekonomi, Vol. 11.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Ke Sembilan Belas. Bandung: CV Alvabeta.

Syarifudin, A. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: BPFE.

Tanjung, AH. 2006. Akuntansi Keuangan Daerah Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang penilaian pelaksanaan pekerjaan PNS.

Veithzal, R & Sagala, EJ. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Said.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Parsada.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwr.v5i2.1404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ati Rosliyati, Sulastri Ningsih Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.