ANALISIS PERBEDAAN KINERJA AUDITOR DILIHAT DARI PERSPEKTIF GENDER (Studi Empiris Pada Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Gorontalo)

Sri Anggrainy, Zulkifli Bokiu, Siti Pratiwi Husain

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan kinerja antara auditor laki-laki dengan auditor perempuan pada kantor Badan Pemeriksa Keuangan perwakilan provinsi Gorontalo dilihat dari perspektif gender. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 30 orang, sesuai dengan jumlah auditor yang ada pada Badan Pemeriksa Keuangan. Variabel dalam penelitian adalah Variabel Independen Gender (X) dan Variabel Dependen Adalah Kinerja Auditor (Y) yang diproksikan kedalam Perilaku, Motivasi, dan komitmen Profesional. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sample T-Test (Uji Beda). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan Perilaku, Motivasi antara auditor laki-laki dengan auditor perempuan, sedangkan dari dimensi Komitmen Profesional menunjukkan tidak adanya perbedaan. Akan tetapi secara keseluruhan, hasil olah data menunjukkan adanya perbedaan kinerja antara auditor laki-laki dengan auditor perempuan. Perbedaan-perbedaan inilah yang membuktikan bahwa kinerja seseorang, tetap saja akan berbeda apalagi jika dibandingkan antara laki-laki dengan perempuan yang pada dasarnya berbeda dalam berbagai hal karena dipengaruhi oleh faktor Gender.

Full Text:

PDF

References


Agoes, S. 2014. Auditing Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan Oleh Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Djafri, N. 2014. Psikologi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Kuntari & Kusuma, 2001. Pengalaman Organisasi, Evaluasi Terhadap Kinerja Dan Hasil Karir Pada Kantor Akuntan Publik:Pengujian Pengaruh Gender.

Narsa, I Made. 2006. Sex-Role Stereotype dalam Rekrutmen Pegawai Akuntansi dan Keuangan: Observasi terhadap Pola Rekruitmen Terbuka di Media Masa. 8(2): 99-106.16(1): 74-87.

Rahayu, S & Suhayati, E. 2013. Auditing Konsep Dasar dan Pedoman Pemeriksaan Akuntan Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Rahmawaty, A. 2015. Harmoni Dalam Keluarga Perempuan Karir. 8(1)

Rasyidah & Noeryamin. 2009. Perempuan dan Ketidakadilan: Review atas Beberapa Isu Gender Menyangkut Dunia Kerja. 16(1).

Robbins, S. 2003. Perilaku Organisasi. Terjemahan Oleh Diana Angelica, Ria Cahyani dan Abdul Rosyid. 2003. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Siregar, S. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tjiptoherjianto, P. 1999. Keseimbangan Penduduk, Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Pembangunan Daerah. Jakarta: PT. Penebar Swadaya.

Trisnaningsih. 2003. Perbedaan Kinerja Auditor Dilihat Dari Segi Gender. SNA VI Surabaya 2003. Jawa Timur: Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran” Jawa Timur.

Widodo, S. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwr.v5i2.1406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sri Anggrainy, Zulkifli Bokiu, Siti Pratiwi Husain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.