PENGGUNAAN TEKNIK 4P (PENCARIAN IDE, PERENUNGAN, PENULISAN, DAN PERBAIKAN) DALAM PEMBELAJARA MENULIS PUISI BEBAS

DESI WULANDARI, Juju Juandi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengujicobakan teknik pembelajaran 4P (pencarian ide, perenungan, penulisan, dan perbaikan) dalam pembelajaran menulis puisi bebas di SMP 4 Padaherang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan desain penelitian yang ditentukan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP 4 Padaherang yang berjumlah 56 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah Kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen, dan Kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengukuran terdapat perubahan kemampuan siswa. Hal ini tampak pada  perbandingan rata-rata skor prates 62,07 dan pascates 71,18. Pada putaran kedua pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik diskusi. Berdasarkan hasil pengukuran terdapat perubahan kemampuan siswa. Hal ini tampak pada  perbandingan rata-rata skor prates 63,32 dan pascates 74,50. Sedangkan pada putaran ketiga pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik diskusi. Berdasarkan hasil pengukuran terdapat perubahan kemampuan siswa. Hal ini tampak pada  perbandingan rata-rata skor prates 69.43 dan pascates 77.11, dan putaran keempat pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik 4P. Berdasarkan hasil pengukuran terdapat perubahan kemampuan siswa. Hal ini tampak pada  perbandingan rata-rata skor prates 72,11 dan pascates 80.75. Jika dilihat dari hasil analisis maka pembelajaran menulis puisi bebas dengan menggunakan teknik 4P lebih baik hasilnya dibandingkan dengan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik diskusi.


Keywords


menulis, puisi

Full Text:

PDF

References


Alfiansyah, Muhammad. (2009). Cara dan Tips Menulis Puisi Dengan Baik dan Benar. [online]. Tersedia : http://www.sentra-edukasi.com/2009/11/cara-tips-menulis-puisi-dengan-baik.html. [22 November 2010].

Purnawan. (2008). Cara Menulis Puisi. [online]. Tersedia : http://deddy-purnawan.blogspot.com/2008/10/cara-menulis-uisi.html [22 November 2010].

S. Effendi, (1982). Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakarta: Tangga Mustika Alam.

Sukmadinata, N. S. (2009) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Waluyo, Herman J. (1995). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta : Erlangga.

Rizal, Yose. 2010. Apresiasi Puisi dan Sastra Indonesia. Jakarta : As Agency.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 LITERASI

 

jurnal literasi jurnal literasi

___________________________________________________________________

web
counter View LITERASI Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.