POLA KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS GALUH

Rina Agustini

Abstract


Latar belakang penilitian ini yaitu karena selama ini penggunaan bahasa hanya bertitik tolak pada penggunaan bahasa yang baik dan benar. Padahal untuk menjadi orang yang mampu berkomunikasi dengan baik dan lancar, penutur dan lawan tutur juga harus memperhatikan kaidah kesantunan berbahasa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif. Metode deskriptif digunakan untuk menggambarkan apa adanya hasil dari pengumpulan data yang telah dilakukan oleh penulis. Dari hasil penelitian dan pembahasan ditemukan bahwa 1. Pola kesantunan berbahasa antar mahasiswa di lingkungan kampus dalam ragam resmi meliputi tuturan tak langsung, tuturan implisit, campur kode, ungkapan, majas, dan basa-basi sedangkan pola kesantunan dalam ragam pergaulan meliputi tuturan tak langsung, campur kode, dan majas. 2. Pola kesantunan berbahasa mahasiswa ketika berinteraksi dengan dosen di lingkungan kampus dalam ragam resmi meliputi tuturan tak langsung, campur kode, majas, dan basa-basi. Di lingkungan kampus, tidak dapat ditemukan percakapan mahasiswa dengan dosen dalam ragam pergaulan.   


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 LITERASI

 

jurnal literasi jurnal literasi

___________________________________________________________________

web
counter View LITERASI Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.