IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TINGKAT SMP DI KABUPATEN TASIKMALAYA

Agi Ahmad Ginanjar, Ridzky Firmansyah Fahmi, Casim Casim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) 3 SMP di Kabupaten Tasikmalaya; 2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) 3 SMP di Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan jenis penelitian survei dan penelitian jenis survei ini melibatkan subjek dan responden untuk mendapatkan data. Data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di 3 SMP Kabupaten Tasikmalaya terbagi atas tiga tahap, di antaranya tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Subjek 1 dalam tahap pembiasaan memperoleh skor 106, tahap pengembangan memperoleh skor 48, dan tahap pembelajaran memperoleh skor 48. Skor akhir yaitu 202 dengan nilai 91,8, sangat baik. Subjek 2 dalam tahap pembiasaan memperoleh skor 61, tahap pengembangan memperoleh skor 26, dan tahap pembelajaran memperoleh skor 21. Skor akhir yaitu 108 dengan nilai 49,08, kurang. Subjek 3 dalam tahap pembiasaan memperoleh skor 87, tahap pengembangan memperoleh skor 37, dan tahap pembelajaran memperoleh skor 25. Skor akhir yaitu 149 dengan nilai 67,7, cukup. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di 3 SMP di Kabupaten Tasikmalaya di antaranya: 1) Kurangnya minat membaca siswa; 2) Buku perpustakaan yang tidak sesuai; 3) Kondisi perpustakaan yang belum memadai; 4) Kurangnya penggiat/motivator di bidang literasi; 5) Jumlah buku yang ada diperpustakaan tidak cukup untuk memenuhi tuntutan kebutuhan membaca sebagai basis proses pendidikan.

Keywords


Implementasi, Gerakan Literasi Sekolah, Kabupaten Tasikmalaya

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.(2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Faradina, Nindya. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal: Jurnal Hanata Widya Volume 6 Nomor 8 Tahun 2017.

Kementrian pendidikan dan Kebudayaan.(2016). Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kemdikbud.

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPEE Yogyakarta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suwartono. (2014). Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v3i2.2872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.